Analisis Diskusi
Build Your Creative Business with
Digital
Diajukan untuk memenuhi tugas
ujian tengah semester mata kuliah Kaifiyat Mujadalah dengan dosen pengampu Dr.
Aep Kusnawan, M.Ag
oleh
:
Rani Agustian 1134020101
Siti
Masitoh 1134020129
KOMUNIKASI
DAN PENYIARAN ISLAM
FAKULTAS
DAKWAH DAN KOMUNIKASI
UNIVERSITAS
ISLAM NEGERI SUNAN GUNUNG DJATI
BANDUNG
2016
LAPORAN
LEMBAR EVALUASI PRAKTIK MUJADALAH
DALAM DISKUSI
Dosen:
Dr.
Aep Kusnawan, M.Ag
Penyelengara Diskusi : Pro-IT Bandung & KEMAKOM
UPI
Lokasi Diskusi : Gedung Kebudayaan UPI
Jenis Diskusi
Topik Diskusi
|
: Seminar dan Talkshow
: Build Your Creative Business with Digital
|
Nara Sumber Diskusi
|
: Imam Arif Wibawa (CEO Digital Oasis)
|
Pimpinan/Moderator
Nara Sumber Diskusi
|
: Abdillah Adi Wijaya (Mahasiswa Manajemen 2014 UPI
Bandung)
:Hari Firdaus (Marketing Director Radyalabs Product
Manager Appstorize), Muhammad Yusup
(Senior Devisi Radyalabs Technical Lead Appstorize), dan Bayu Syerle Rachmat
(Hyber Marketing in Buka Lapak)
|
Peserta Diskusi
|
: 199 Orang
|
Hari/ Tanggal
|
: Sabtu, 02 April 2016
|
Waktu
|
: Pukul 08.00 s.d. 14.00 WIB
|
Tempat
|
: Jl. Dr. Setiabudi No. 229, Jawa Barat
|
Jumlah peserta
|
: 199 Orang (Daftar hadir
terlampir)
Pemberi Evaluasi:
Nama : Rani Agustian
NIM : 1134020101
Nama : Siti Masitoh
NIM : 1134020129
Jur/ Kelas : KPI/VI C
JURUSAN KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
SUNAN GUNUNG DJATI
BANDUNG
2016
|
|
|
PENILAIAN
1. Penilaian
dilakukan dengan cara pengumpulan data, bisa melalui wawancara, pengamatan
langsung atau melalui dokumentasi.
2. Penilaian dilakukan dengan memberikan nilai: 1 (sangat kurang); 2
(Kurang); 3 (Cukup); 4 (Baik); 5 (Sangat Baik).
3. Jumlah Skor adalah Jumlah nilai: Jumlah indicator penilaian. Misalnya
setelah nilai dijumlahkan berjumlah 40, dilihat indicator berjumlah 8, maka
40:8= 5, jadi Jumlah Skor 5.
4.
Jika hasil bagi tidak bulat, misalnya 3,4 atau 3,6, maka penilaian
batasnya 1,5 atau 2,5 atau 3,5. Jika diatas itu maka dibulatkan ke atas
(misalnya 3,6 jadi =4), jika di bawah itu (misalnya 3,4 dibulatkan ke bawah,
jadi= 3), begitu juga seterusnya.
5. Setiap bidang penilaian diberi analisa kualitatif, berupa tinjauan pada
keunggulan, kekurangan, serta rekomendasi untuk perbaikan.
6.
Evaluasi keseluruhan diskusi (Bag III), merupakan rekap dari keseluruhan
jumlah skor pada bagian sebelumnya.
7. Jumlah Skor pada bagian Evaluasi keseluruhan diskusi (Bag III), merupakan
penilaian komulatif, dan merupakan nilai akhir diskusi tersebut.
8. Untuk menambah akurasi penilaian, hendaknya dianjurkan untuk menyertakan
foto pada tiap bagian kegiatan.
9.
Selamat Mengerjakan.
I.
Persiapan
Diskusi
A. Persiapan
Penyelenggaraan
No
|
Indikator
Penilaian
|
Nilai
|
1
|
Ada
pertemuan perencanaan merupakan jaminan terbaik bagi program diskusi yang
sukses
|
1
|
2
|
3
√
|
4
|
5
|
2
|
Membicarakan
jalan dan cara yang akan dipergunakan untuk melaksanakan dan menyelesaikan
program sebaik-baiknya
|
1
|
2
|
3
√
|
4
|
5
|
3
|
Calon
peserta berkesempatan untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan berkenaan
perencanaan penyelenggaraan diskusi yang dirasa belum jelas.
|
1
|
2
|
3
√
|
4
|
5
|
4
|
Menetapkan
topik sehingga peserta memiliki pengertian yang sama tentang topik dan
capaian yang ingin diraih dari diskusi tersebut.
|
1
|
2
|
3
|
4
√
|
5
|
5
|
Dibahas
tuntas masalah perlengkapan dan fasilitas dalam ruangan diskusi nanti, termasuk tempat dan di mana
masing-masing duduk, fasilitas apa saja yang tersedia, dan sebagainya.
|
1
|
2
|
3
|
4
√
|
5
|
6
|
Diadakan
publikasi yang cukup untuk penyelenggaraan diskusi tersebut.
|
1
|
2
|
3
√
|
4
|
5
|
7
|
Masyarakat
yang sekiranya, peminat tema dimaksud, cukup mendapatkan informasi.
|
1
|
2
|
3
|
4
√
|
5
|
8
|
Perencanaan
mampu menjamin kesiapan dan kesuksesan jalannya cara diskusi.
|
1
|
2
|
3
|
4
√
|
5
|
|
JUMLAH
SKOR=
|
3.5
|
Analisa Keunggulan:
Persiapan yang dilakukan oleh
panitia penyelenggara sangat baik, bahkan telah ditentukan tugas-tugas yang
harus dilakukan oleh masing-masing panitia. Sehingga, panitia tahu apa yang
harus dan tidak harus dilakukan.
Analisa Kekurangan:
Sebelum acara dimulai, banyak
panitia yang belum hadir. Sehingga beberapa panitia yang datang terlebih dahulu
kewalahan mempersiapkan acara.
Rekomendasi:
Harus ada kekompakan untuk
panitia dalam melakukan persiapan, serta panitia harus disiplin dan datang
sebelum peserta, agar para peserta tidak bosan dan jenuh menunggu. Serta
persiapan selesai sebelum peserta datang.
B. Persiapan
Permasalahan
No
|
Indikator
Penilaian
|
Nilai
|
1
|
Masalah yang didiskusikan memiliki nilai guna dan
penting bagi peserta
|
1
|
2
|
3
|
4
√
|
5
|
2
|
Masalah
diskusi sesuai dengan kemampuan, minat dan tingkat pendidikan peserta diskusi
|
1
|
2
|
3
|
4
√
|
5
|
3
|
Masalah
membutuhkan pemecahan
|
1
|
2
|
3 √
|
4
|
5
|
4
|
Permasalahan
diskusi dirumuskan secara menarik
|
1
|
2
|
3√
|
4
|
5
|
5
|
Pemecahan
masalah dimungkinkan diperoleh yang terbaik melalui diskusi
|
1
|
2
|
3
√
|
4
|
5
|
6
|
Pemecahan
masalah sesuai dengan jenis diskusi yang dipilih.
|
1
|
2
|
3
|
4
√
|
5
|
|
JUMLAH
SKOR
|
3.5
|
Analisa Keunggulan:
Permasalahan yang didiskusikan
sangat menarik, bahkan mungkin sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Dan
permasalahan ini pun jarang diangkat dalam diskusi, sehingga permasalahan ini
bagus untuk didiskusikan.
Analisa Kekurangan:
Permasalahan yang didiskusikan bersifat umum, sehingga peserta tidak tahu permasalahan apa yang
sebenarnya akan didiskusikan.
Rekomendasi:
Permasalahan yang didiskusikan harus dikhususkan
pada beberapa hal, sehingga peserta bisa mempersiapkan pertanyaan yang tidak
dimengerti mengenai permasalahan.
C. Persiapan
Nara Sumber
No
|
Indikator
Penilaian
|
Nilai
|
1
|
Undangan
pada Nara Sumber dilakukan secara tertulis, dan disampaikan cukup waktu untuk
memberikan kesempatan secukupnya bagi yang bersangkutan untuk mengadakan
pesiapan-persiapan secukupnya.
|
1
|
2
|
3
|
4
√
|
5
|
2
|
Undangan
telah mendapatkan konfirmasi kesiapan dari Nara Sumber yang diundang, ia
diberikan ucapan terima kasih, secara lisan maupun secara tertulis. untuk
menimbulkan kesan dan perhatian bagi yang diundang.
|
1
|
2
|
3
√
|
4
|
5
|
3
|
Nara
Sumber punya rasa tanggung-jawab terhadap diri sendiri, pada pimpinan diskusi
dan kepada kelompok bagi suksesnya program diskusi.
|
1
|
2
|
3
√
|
4
|
5
|
4
|
Memiliki cukup pengalaman dan pendapat
mengenai masalah yang didikusikan.
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
√
|
5
|
Memiliki
cukup banyak bahan-bahan dan keterangan mengenai hal yang didiskusikan
|
1
|
2
|
3
|
4
√
|
5
|
6
|
Memiliki
kesiapan unuk mengemukakan pendapat
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5 √
|
7
|
Memiliki
bahan berupa hal yang penting (hand out) untuk ia sampaikan
|
1
|
2
|
3
√
|
4
|
5
|
8
|
Memiliki kesiapan untuk menyikapi yang berbeda
pendapat.
|
1
|
2
|
3
√
|
4
|
5
|
9
|
Siap menyimak pendapat orang lain
|
1
|
2
|
3 √
|
4
|
5
|
|
JUMLAH
SKOR
|
4
|
Analisa Keunggulan:
Nara sumber yang diundang,
merupakan orang-orang yang ahli dalam bidang media elektronik atau sesuai
dengan permasalahan yang akan didiskusikan. Nara sumber pun memiliki cukup
pengalaman dalam permasalahan yang akan didiskusikan, sehingga mereka tidak
akan segan-segan dalam menyampaikan materinya.
Analisa Kekurangan:
Ada nara sumber yang belum
memberikan konfirmasi sampai H-4, dan pada H-2 menyatakan ketidaksanggupannya,
karena ada tugas penting. Dan ada juga nara sumber dari beberapa perusahaan
tidak bisa hadir, tetapi digantikan oleh yang lain dari perusahan yang sama.
Rekomendasi:
Penitia seharusnya menyiapkan
nara sumber cadangan yang tidak kalah hebat dari nara sumber utama, sehingga
peserta diskusi tidak kecewa saat nara sumber yang diharapkan tidak bisa hadir,
karena ada nara sumber lain yang tidak kalah hebat.
D. Persiapan
Peserta:
No
|
Indikator
Penilaian
|
Nilai
|
1
|
Peserta
yang diundang diskusi sesuai dengan tingkat masalah yang didiskusikan
(kemampuan, minat dan tingkat pendidikan peserta diskusi)
|
1
|
2
|
3
√
|
4
|
5
|
2
|
Peserta
undangan diberi kesan bahwa pertemuan mendatang dan kehadirannya dianggap
penting
|
1
|
2
|
3
|
4
√
|
5
|
3
|
Undangan
dilakukan secara tertulis, dan disampaikan cukup waktu untuk memberikan
kesempatan secukupnya bagi yang bersangkutan untuk mengadakan
pesiapan-persiapan secukupnya.
|
1
|
2
|
3
|
4
√
|
5
|
4
|
Undangan
tersebut disertakan keterangan yang diperlukan: Waktu, tempat, masalah yang
akan dibicarakan, jenis diskusinya, sifat reguler tidaknya, lamanya
pertemuan, fungsi ia sebagai peserta, sifat dan tujuan pengundang, serta
nama-nama peserta lainnya.
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
√
|
5
|
konfirmasi
kesiapan dari peserta yang diundang, peserta bersangkutan diberikan ucapan
terima kasih, secara lisan maupun secara tertulis. Hal itu akan membawa kesan
dan perhatian bagi yang diundang.
|
1
|
2
|
3
|
4
√
|
5
|
|
JUMLAH
SKOR
|
4
|
Analisa Keunggulan:
Undangan disebar melalui
berbagai media, ada media internet, undangan langsung, banner, dan sebagainya.
Pendaftaran pun bisa melalui online, dan bisa juga on the spot. Sehingga,
peserta yang daftar banyak, bahkan lebih dari 300 peserta melalui online, dan
masih banyak juga yang melalui on the spot.
Analisa Kekurangan:
Undangan kurang update,
sehingga banyak orang yang tidak tahu acara tersebut. Dan banyak peserta yang
tidak datang saat acara berlangsung. Serta ada peserta yang tidak tahu bahwa
tempat diskusi dipindahkan, karena kurangnya konfirmasi dari panitia.
Rekomendasi:
Undangn harus lebih update dan tersebar luas. Sehingga
orang-orang yang ingin mengikuti acara diskusi seperti ini, bisa mendaftar dan
mengikuti diskusi. Karena diskusi seperti ini sangat bermanfaat bagi banyak
orang.
E. Persiapan
Moderator (Pimpinan Diskusi)
No
|
Indikator
Penilaian
|
Nilai
|
1
|
Memiliki daya ingat yang relatif kuat.
|
1
|
2
|
3 √
|
4
|
5
|
2
|
Pandai
menyusun kesimpulan.
|
1
|
2
|
3
|
4 √
|
5
|
3
|
Pandai
menghargai waktu. Sehingga tercapainya keefektifan dan keefisienan dalam
diskusi.
|
1
|
2
|
3
√
|
4
|
5
|
4
|
Sabar dalam memimpin diskusi dan bijaksana
|
1
|
2
|
3 √
|
4
|
5
|
5
|
Jujur,
ramah adil dan tidak memihak pada
sebagian peserta diskusi.
|
1
|
2
|
3 √
|
4
|
5
|
6
|
Bila
ia melihat diskusi mulai berjalan seret, dapat memancing gairah peserta
|
1
|
2
|
3
|
4
√
|
5
|
7
|
Bila ia sedang memimpin diskusi, ia menjadi
pembicara yang baik, sekaligus menjadi penyimak yang baik.
|
1
|
2
|
3
√
|
4
|
5
|
8
|
Moderator berpikir terbuka dan berprasangka
baik terhadap semua peserta.
|
1
|
2
|
3
√
|
4
|
5
|
9
|
Ketika ia memimpin
diskusi, ia dapat menjaga keinginannya untuk tidak banyak memberi komentar
terhadap apa yang disampaikan pembicara.
|
1
|
2
|
3
|
4
√
|
5
|
10
|
Pemimpin
diskusi dapat memperlihatkan perilaku
sebagai pemimpin yang baik,
bersahabat, menciptakan suasana diskusi yang hangat, penuh dengan
suasana kebersamaan
|
1
|
2
|
3
|
4
√
|
5
|
11
|
Pemimpin diskusi memiliki kepekaan terhadap
setiap aksi dan reaksi peserta diskusi tanpa bersikap angkuh dan sok tahu.
Akan tetapi ia cepat tanggap mengendalikan suasana, baik ketika situasi
bergejolak, lesu, maupun menemukan jalan buntu. Hal itu dilakukannya dengan
penuh kearifan dan kebijaksanaan.
|
1
|
2
|
3
√
|
4
|
5
|
12
|
Pemimpin diskusi Berjiwa demokratis, yaitu
dengan menghargai pendapat setiap peserta diskusi.
|
1
|
2
|
3
√
|
4
|
5
|
13
|
Pemimpin diskusi mengerti tentang hakikat
diskusi, yang tercermin pada usahanya yang senantiasa menguraikan pokok
bahasan yang rumit menjadi bagian-bagian yang terinci dan sederhana
|
1
|
2
|
3
|
4
√
|
5
|
14
|
Pemimpin diskusi Teliti dalam membedakan mana
yang tidak penting dan yang penting; dapat membedakan mana persoalan yang
sudah disepakati dengan mana yang belum disepakati.
|
1
|
2
|
3
√
|
4
|
5
|
|
JUMLAH
SKOR
|
3
|
Analisa Keunggulan:
Orang yang menjadi moderator
disiapkan dengan baik. Dia sudah terbiasa menjadi moderator dan berbicara di
hadapan umum, sehingga ketika memimpin diskusi, dia bisa memimpin dengan
baik agar proses diskusi berjalan
lancar.
Analisa Kekurangan:
Tidak bisa mengendalikan peserta yang asyik sendiri.
Rekomendasi:
Moderator selain sebagai pemimpin acara, tetapi juga
harus bisa mengendalikan peserta yang tidak memperhatikan jalannya diskusi,
untuk tetap fokus pada diskusi.
F. Persiapan
Notulis
No
|
Indikator
Penilaian
|
Nilai
|
1
|
Memiliki kemampuan menulis baik dan cepat
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
2
|
Memiliki kepekaan dalam memahami pernyataan
dan pertanyaan peserta, serta mampu mengambil inti dari pernyataan dan
pertanyaan tersebut.
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
3
|
Menguasai
masalah yang didiskusikan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
4
|
Teliti dalam membedakan mana yang tidak
penting dan yang penting; dapat membedakan mana persoalan yang sudah
disepakati dengan mana yang belum disepakati.
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
JUMLAH
SKOR
|
0
|
Analisa Keunggulan:
Analisa Kekurangan:
Kekurangan dari acara ini adalah tidak adanya
notulis yang mencatat proses berlangsungnya diskusi/seminar. Sehingga,
moderator sendirilah yang mencatat kesimpulan diskusi/seminar serta
pertanyaan-pertanyaan dari peserta.
Rekomendasi:
Harus ada notulis dalam setiap acara seminar maupun
diskusi, untuk mencatat proses berlangsungnya diskusi atau seminar serta
hal-hal yang berhubungan dengan acara tersebut.
G. Persiapan
Fasilitas Diskusi
No
|
Indikator
Penilaian
|
Nilai
|
1
|
Diskusi
dilengkapi fasilitas yang dibutuhkan
|
1
|
2
|
3 √
|
4
|
5
|
2
|
Ruangan memadai
|
1
|
2
|
3
|
4 √
|
5
|
3
|
Meja dan kursi memadai
|
1
|
2
|
3 √
|
4
|
5
|
5
|
Media audio memadai
|
1
|
2
|
3
|
4 √
|
5
|
6
|
Media visual memadai
|
1
|
2
|
3
|
4 √
|
5
|
7
|
ATK memadai
|
1
|
2
|
3 √
|
4
|
5
|
8
|
Tidak terjadi gangguan fasilitas
|
1
|
2
|
3 √
|
4
|
5
|
|
JUMLAH
SKOR
|
3
|
Analisa Keunggulan:
Fasilitas dibutuhkan dalam
diskusi sudah lengkap, sehingga proses diskusi bisa berjalan baik dan lancar
sesuai dengan yang diharapkan.
Analisa Kekurangan:
Panitia kurang hati-hati dalam
menuliskan nama peserta, sehingga ada beberapa nama peserta yang salah tulis,
baik diabsen maupun di sertifikat. Serta ada pemindahan gedung tempat diskusi
dilaksanakan.
Rekomendasi:
Panitia harus lebih teliti dan hati-hati dalam menuliskan
nama peserta. Serta panitia harus menyiapkan fasilitas lebih awal, sebelum peserta
datang. Jika ada pemindahan tempat diskusi, maka konfirmasi kepada peserta
beberapa hari sebelumnya.
II.
Pelaksanaan
A. Pelaksanaan
Moderator (Pimpinan diskusi)
No
|
Indikator
Penilaian
|
Nilai
|
1
|
Membuka diskusi dengan suatu pengantar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5 √
|
2
|
Menjelaskan topik diskusi
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5 √
|
3
|
Menyuguhkan permasalahan yang hendak
didiskusikan
|
1
|
2
|
3
√
|
4
|
5
|
4
|
Menjelaskan tujuan yang hendak dicapai
|
1
|
2
|
3 √
|
4
|
5
|
5
|
Menjelaskan tata tertib diskusi
|
1
|
2 √
|
3
|
4
|
5
|
6
|
Memberikan stimulus atau dorongan kepada
peserta diskusi yang dapat menumbuhkan semangat dan gairah peserta diskusi.
|
1
|
2
|
3
√
|
4
|
5
|
7
|
Diskusi diawali dengan moderator mengarahkan
peserta untuk mulai berpikir sesuai dengan permasalahan yang hendak
didiskusikan
|
1
|
2
|
3
√
|
4
|
5
|
8
|
Mengatur lalu lintas pembicaraan dengan sopan
tanpa banyak mengomentari.
|
1
|
2
|
3
|
4
√
|
5
|
9
|
Menampung gagasan-gagasan yang dikemukakan
oleh peserta diskusi
|
1
|
2
|
3
√
|
4
|
5
|
10
|
Mengingatkan
dan mengembalikan peserta bila ada yang mulai ke luar dari masalah pokok yang
dibahas.
|
1
|
2
√
|
3
|
4
|
5
|
11
|
Memberikan
kesempatan kepada peserta untuk mengutarakan pendapat dengan leluasa dan
merata.
|
1
|
2
|
3
√
|
4
|
5
|
12
|
Mendorong
peserta yang kurang berani mengeluarkan pendapat, agar berani menyatakan
pendapatnya
|
1
|
2
|
3
√
|
4
|
5
|
13
|
Moderator
tidak memotong pembicaraan secara langsung
|
1
|
2
|
3
√
|
4
|
5
|
14
|
Tidak
menyalahkan gagasan peserta secara langsung
|
1
|
2
|
3
√
|
4
|
5
|
15
|
Menyimpulkan
hasil diskusi, dengan rumusan kesatuan pendapat yang diperoleh, serta
menunjukan perbedaan pendapat yang masih ada.
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
√
|
16
|
Membacakan
kembali hasil diskusi
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5 √
|
17
|
Menutup
diskusi
|
1
|
2
|
3
|
4 √
|
5
|
|
JUMLAH
SKOR
|
3
|
Analisa Keunggulan:
Moderator yang diberikan tugas
untuk memimpin acara diskusi, terlihat begitu terbiasa menjadi pimpinan
diskusi. Sehingga bisa menjalankan tugasnya dengan baik.
Analisa Kekurangan:
Ketika ada peserta yang tidak
fokus mendengarkan dan memperhatikan pemateri, moderator diam saja. Tidak ada
tindakan apa-apa yang dilakukan oleh moderator, sehingga pemateri dan peserta
asyik masing-masing.
Rekomendasi:
Moderator harus bisa
mengendalikan suasana diskusi, saat ada yang tidak mendengarkan atau tidak
memperhatikan maka moderator harus memberikan perhatian agar peserta fokus
kembali dan mengingatkan bagaimana pentingnya diskusi yang sedang dilaksanakan.
B. Pelaksanaan
Nara Sumber
No
|
Indikator
Penilaian
|
Nilai
|
1
|
Berbicara
mencerminkan pengusaan materi yang baik.
|
1
|
2
|
3
|
4
√
|
5
|
2
|
Berbicara
jelas, dengan volume yang tepat, sehingga semua pendengar dapat mendengar
setiap kata yang diucapkan.
|
1
|
2
|
3
|
4
√
|
5
|
3
|
Berbicara
difokuskan kepada suatu topik tetentu. Pembicaraan tidak melebar.
|
1
|
2
|
3
√
|
4
|
5
|
4
|
Berbicara
menggunakan kata-kata yang sederhana dan mudah dipahami oleh para pendengar
|
1
|
2
|
3
√
|
4
|
5
|
5
|
Pembicaraan
pada pokok pikiran yang penting, diberi tekanan tertentu
|
1
|
2
|
3
|
4
√
|
5
|
6
|
Pembicaraan disertai dengan mimik muka yang
mendukung terhadap pembicaraan. Jika
mungkin disertai gerakan tangan yang tepat.
|
1
|
2
|
3
√
|
4
|
5
|
7
|
Pembicaraan
disertai dengan wajah dan tatapan yang diarahkan kepada semua anggota
diskusi, sekali-kali pandangan kepada pemimpin diskusi,
|
1
|
2
√
|
3
|
4
|
5
|
8
|
Berbicara
dengan keadaan tenang, tidak terlalu cepat, dan tidak pula terlalu lambat.
Pengendalian emosi secara baik dan tepat.
|
1
|
2
|
3
√
|
4
|
5
|
9
|
Pembicara menggunakan irama bahasa,
sebagaimana layaknya orang yang sedang bicara sehari-hari.
|
1
|
2
|
3
√
|
4
|
5
|
10
|
Jika pembicara
menolak, mengomentari, atau mengoreksi pembicaraan peserta terdahulu, hal itu
dilakukan dengan menggunakan pilihan kata-kata yang sopan dan nada yang
bersahabat.
|
1
|
2
|
3
√
|
4
|
5
|
|
JUMLAH
SKOR
|
3
|
Analisa Keunggulan:
Nara sumber yang memberikan materi merupakan
orang-orang yang professional dibidangnya, dan banyak mengetahui tentang permasalahan yang didiskusikan.
Analisa Kekurangan:
Pembahasan materi lebih banyak menjelaskan tentang
perusahaan mereka, dibandingkan materi yang sesuai dengan topik. Penyampaian
materinya pun kurang menarik, sehingga membuat para peserta diskusi merasa bosan, jenuh,
dan bahkan ada yang mengantuk. Nara sumber yang memberikan materi tidak sesuai
dengan nara sumber yang ada di pamplet.
Rekomendasi:
Penyampaian materi oleh nara sumber menggunakan
metode yang menarik, sehingga para peserta tidak merasa bosan dan jenuh.
Seperti banyak berinteraksi dengan peserta.
C. Pelaksanaan
Peserta
No
|
Indikator
Penilaian
|
Nilai
|
1
|
Mempelajari topik dan permasalahan secara
cermat.
|
1
|
2
|
3
√
|
4
|
5
|
2
|
mempelajari
berbagai sumber yang berkaitan dengan permasalahan yang dibahas
|
1
|
2
√
|
3
|
4
|
5
|
3
|
Mendengarkan dan
memperhatikan penjelasan-penjelasaan pimpinan diskusi tentang permasalahan
yang didiskusikan.
|
1
|
2
|
3
√
|
4
|
5
|
4
|
Mengikuti dengan
seksama pandangan dari peserta lain, kemudian membandingkannya dengan
pendapatnya sendiri.
|
1
|
2
|
3
√
|
4
|
5
|
5
|
Memberikan perhatian terhadap orang yang
sedang bicara, dengan mengarahkan pandangan terhadapnya.
|
1
|
2
|
3
√
|
4
|
5
|
6
|
Berusaha memahami
gagasan pokok yang disampaikan pembicara, dengan cara meringkas pembicaraan
dalam kertas. Tidak melamun atau ngantuk.
|
1
|
2
|
3
√
|
4
|
5
|
7
|
Konsentrasi terhadap
apa yang disampaikan oleh pembicara. Tidak ngobrol, melamun, atau pecah
perhatian terhadap yang lain.
|
1
|
2
√
|
3
|
4
|
5
|
8
|
Tidak
memotong pembicaraan orang yang sedang bicara.
|
1
|
2
|
3
|
4
√
|
5
|
9
|
Meminta penjelasan lebih lanjut bila ada
hal-hal yang belum jelas.
|
1
|
2
|
3
√
|
4
|
5
|
10
|
Menggunakan sebaik mungkin kesempatan untuk
menanggapi permasalahan, dengan menyampaikan gagasan atau pendapat maupun
kritikan secara terbuka, jelas dan singkat.
|
1
|
2
|
3
√
|
4
|
5
|
11
|
Menyatakan dukungan atau persetujuan terhadap
suatu pendapat, bila diyakini itu benar dan menyatakan keberatan bila
diyakini itu tidak benar. Semua itu didasarkan atas i’tikad baik, bukan emosional.
|
1
|
2
√
|
3
|
4
|
5
|
12
|
Ikut mencegah terjadinya perpecahan atau
percekcokan, serta ikut berusaha meluruskan jalannya diskusi.
|
1
|
2
√
|
3
|
4
|
5
|
13
|
Mempertimbangkan dan menyimpulkan hasil
diskusi. Setelah diskusi berakhir, peserta menyusun dan mencatat hasil
diskusi kelompok masing-masing atau hasil diskusi pleno yang dipertimbangkan
sebelumnya.
|
1
|
2
|
3
|
4
√
|
5
|
14
|
Menghormati
semua keputusan yang telah diambil secara bersama-sama, kendatipun ada yang
tidak sejalan dengan pendapat pribadi.
|
1
|
2
|
3
√
|
4
|
5
|
15
|
Tidak
ada yang memperlihatkan agresifitas dan reaksioner
|
1
|
2
|
3
|
4
√
|
5
|
16
|
Tidak ada peserta yang menutup diri.
|
1
|
2
|
3 √
|
4
|
5
|
17
|
Tidak berbicara terlalu banyak dan
berbelit-belit.
|
1
|
2
|
3
√
|
4
|
5
|
18
|
Tidak
ada yang berbisik-bisik dengan kawan sebelah
|
1
|
2
√
|
3
|
4
|
5
|
19
|
Tidak ada yang duduk dengan gaya tidak sopan.
|
1
|
2
|
3 √
|
4
|
5
|
20
|
Tidak ada yang memperlihatkan sikap acuh tak
acuh.
|
1
|
2
|
3 √
|
4
|
5
|
21
|
Tidak ada yang mudah tersinggung.
|
1
|
2
|
3 √
|
4
|
5
|
22
|
Tidak ada yang datang terlambat.
|
1
|
2
|
3 √
|
4
|
5
|
23
|
Peserta
memperlihatkan sikap sopan
|
1
|
2
|
3
|
4 √
|
5
|
|
JUMLAH
SKOR
|
3
|
Analisa Keunggulan:
Para peserta yang mengikuti diskusi terdiri dari
berbagai kalangan, tidak hanya mahasiswa, banyak juga guru, dosen, pengusaha,
dan lain-lain. Dan juga tidak hanya orang-orang yang tinggal di Bandung yang
mengikuti acara ini banyak juga dari luar Bandung, seperti Subang, Semarang,
Sukabumi, dan lain-lain.
Analisa Kekurangan:
Banyak peserta yang mendaftar tetapi tidak hadir
pada hari H, hanya sedikit peserta yang aktif. Dan banyak peserta yang tidak memperhatikan
materi yang disampaikan oleh nara sumber.
Rekomendasi:
Harus ada tim keamanan yang memantau peserta saat berlangsungnya acara, dan
memberikan peringatan kepada peserta yang tidak memperhatikan pemateri saat
menyampaikan materinya.
D. Pelaksanaan
Notulis
No
|
Indikator
Penilaian
|
Nilai
|
1
|
Mengecek persiapan segala kebutuhan diskusi,
seperti papan tulis, white board, alat tulis, daftar hadir dan
sebagainya.
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
2
|
Mencatat hal-hal pokok yang terjadi dalam
diskusi, serta mencatat keterangan penting tentang diskusi, seperti topik
diskusi, tanggal diselenggarakan, waktu, jumlah peserta yang hadir, tanggapan
saran dan usulan.
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
3
|
Mencatat nama yang mengajukan diri untuk
bicara, serta berbagai pertanyaan-pertanyaan maupun gagasan-gagasan yang dilontarkannya.
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
4
|
Mencatat permasalahan-permasalahan khusus
yang muncul dalam proses diskusi.
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
5
|
Membantu
pemimpin diskusi merumuskan secara
tertulis kesimpulan diskusi.
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
JUMLAH
SKOR
|
0
|
Analisa Keunggulan:
Analisa Kekurangan:
Dalam pelaksanaan tidak ada notulis, sehingga yang
menulis kesimpulan diskusi adalah moderator.
Rekomendasi:
Harus ada notulis dalam setiap acara, agar ada dokumentasi yang cukup ketika akan
diadakan evaluasi.
E. Fasilitas
Diskusi
No
|
Indikator
Penilaian
|
Nilai
|
1
|
Diskusi
dilengkapi fasilitas yang dibutuhkan
|
1
|
2
|
3
|
4 √
|
5
|
2
|
Ruangan memadai
|
1
|
2
|
3 √
|
4
|
5
|
3
|
Meja dan kursi memadai
|
1
|
2
|
3 √
|
4
|
5
|
4
|
Media audio memadai
|
1
|
2
|
3
|
4 √
|
5
|
5
|
Media visual memadai
|
1
|
2 √
|
3
|
4
|
5
|
6
|
ATK memadai
|
1
|
2
|
3
|
4 √
|
5
|
7
|
Tidak terjadi gangguan fasilitas
|
1
|
2
|
3 √
|
4
|
5
|
|
JUMLAH
SKOR
|
3
|
Analisa Keunggulan:
Fasilitas diskusi memadai, ruangan nya pun luas
sehingga dapat menampung peserta lebih dari 200 orang. Para peserta pun dibagi
ATK (Alat Tulis Kantor) untuk mencatat materi yang disampaikan.
Analisa Kekurangan:
Proyektor hanya ada satu, dan tampilannya pun kecil,
sehingga peserta yang duduk dibelakang tidak jelas melihatnya. Sertifikat
peserta terdapat kesalahan penulisan pada nama peserta
Rekomendasi:
Fasilitas dilengkapi terutama fasilitas untuk
penyampaian materi, panitia harus lebih teliti dalam memberikan nama pada
sertifikat peserta.
F. Suasana
Diskusi
No
|
Indikator
Penilaian
|
Nilai
|
1
|
Diskusi
mulai tepat pada waktu yang direncanakan
|
1
|
2 √
|
3
|
4
|
5
|
2
|
Suasana
diskusi berjalan hangat dan terbuka
|
1
|
2
|
3 √
|
4
|
5
|
3
|
Masing-masing
dapat dan mau berbicara dengan terbuka dan dapat menerima pendapat orang lain
dengan terbuka juga.
|
1
|
2
|
3
√
|
4
|
5
|
4
|
Semua
pihak memperhatikan persahabatan dan kekompakan
|
1
|
2
|
3
√
|
4
|
5
|
5
|
Semua
pihak merasakan diskusi sebagai kegiatan yang menyenangkan.
|
1
|
2
|
3
√
|
4
|
5
|
6
|
Semua
peserta terlibat secara aktif dan produktif
|
1
|
2 √
|
3
|
4
|
5
|
7
|
Semua
peserta memperlihatkan sikap kerja sama dan semangat berdiskusi
|
1
|
2
√
|
3
|
4
|
5
|
8
|
Pendapat-pendapat
yang disampaikan mengarah pada pemecahan masalah
|
1
|
2
|
3
√
|
4
|
5
|
9
|
Diskusi selesai tepat waktu
|
1
|
2
|
3
√
|
4
|
5
|
10
|
Kegiatan
diskusi dapat mencapai hasil yang berkualitas
|
1
|
2
|
3
√
|
4
|
5
|
|
JUMLAH
SKOR
|
3
|
Analisa Keunggulan:
Suasana diskusi berjalan dengan lancar sesuai
roundown acara yang telah disusun.
Analisa Kekurangan:
Peserta kurang antusias bahkan banyak yang mengantuk
serta sibuk sendiri, seperti mengobrol dengan teman disampingnya, dan ada juga
yang memainkan HP. Dan tidak ada dari panitia yang mengendalikan suasana
tersebut, dan tidak ada juga yang
mengatur peserta.
Rekomendasi:
Harus ada panitia yang mengendalikan suasana diskusi, dan agar tidak ada peserta yang asyik sendiri.
G. Prosedur
Diskusi
No
|
Indikator
Penilaian
|
Nilai
|
1
|
Pemimpin diskusi
menjelaskan topik atau tema diskusi sejelas-jelasnya, sehingga semua peserta
memiliki presepsi yang sama atau pengertian yang sama tentang topik yang dibahas. Disamping itu,
ia harus pula menjelaskan tujuan topik diskusi dan gambaran tentang hasil
yang hendak dicapai dengan diskusi tersebut.
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
√
|
2
|
Setelah
semua peserta memahami topik permasalahan, maka kegiatan dilanjutkan dengan
pembahasan di dalam pembahasan dilakukan pemilahan-pemilahan masalah sehingga
lebih dipertajam dengan mengaitkannya dengan berbagai segi.
|
1
|
2
|
3
|
4
√
|
5
|
3
|
Berikutnya peserta diminta mengemukakan
pendapat serta saling bertukar pikiran untuk menemukan butir-butir pemecahan
masalah. Pendapat yang kelihatannya bersesuaian dipisahkan dengan pendapat
pendapat yang masih bertentangan.
|
1
|
2
|
3
√
|
4
|
5
|
4
|
Langkah
keempat adalah menguji kembali setiap kesepakatan yang telah diambil
sebelumnya. Dalam hal ini, bila masih terdapat kelemahan pada kesepakatan itu
dapat diperbaiki atau disempurnakan lagi.
|
1
|
2
√
|
3
|
4
|
5
|
5
|
Setelah
melakukan penyempurnaan dan pengujian kembali ditetapkan sebagai kesepakatan
bersama.
|
1
√
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
Keputusan
yang telah diambil sebagai kesimpulan diskusi sebaiknya dirumuskan pemimpin
dan notulis diskusi secara tertulis dengan bahasa yang baik dan benar.
Kemudian dibicarakan di depan anggota diskusi. Bila konsep tertulis tersebut
disetujui barulah ditetapkan secara resmi sebagai keputusan diskusi.
|
1
|
2
|
3
√
|
4
|
5
|
|
JUMLAH
SKOR
|
3
|
Analisa Keunggulan:
Prosedur diskusi berjalan
sesuai dengan roundown yang telah disusun oleh panitia.
Analisa Kekurangan:
Tidak semua prosedur diskusi
digunakan, sehingga proses diskusi pun sedikit tidak sesuai dengan kaidah
diskusi yang seharusnya.
Rekomendasi:
Gunakan prosedur diskusi yang
seharusnya. Agar proses diskusi berjalan lebih teratur dan hasilnya sesuai
dengan yang diharapkan.
III. Evaluasi Keseluruhan Diskusi
No
|
Indikator
Penilaian
|
Nilai
|
1
|
Evaluasi Persiapan Diskusi
|
1
|
2
|
3 √
|
4
|
5
|
2
|
Evaluasi penyelenggaraan Diskusi
|
1
|
2
|
3 √
|
4
|
5
|
3
|
Evaluasi Pimpinan/ Moderator Diskusi
|
1
|
2
|
3 √
|
4
|
5
|
4
|
Evaluasi Nara Sumber Diskusi
|
1
|
2
|
3 √
|
4
|
5
|
5
|
Evaluasi Peserta Diskusi
|
1
|
2
|
3 √
|
4
|
5
|
6
|
Evaluasi Notulis Diskusi
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
7
|
Evalusai Fasilitas Diskusi
|
1
|
2
|
3 √
|
4
|
5
|
8
|
Evalusai Suasana Diskusi
|
1
|
2
|
3 √
|
4
|
5
|
9
|
Evalusai Prosedur Diskusi
|
1
|
2
|
3 √
|
4
|
5
|
|
JUMLAH
SKOR
|
3
|
Analisa Keunggulan:
Diskusi ini sangat bermanfaat bagi peserta diskusi
serta panitia, karena dengan adanya diskusi mengenai permasalahan ini, para
peserta bisa mulai belajar menggunakan digital sebagai media untuk
berwirausaha.
Analisa Kekurangan:
Nara sumber yang menyampaikan materi pada diskusi
ini, lebih banyak menyampaikan perjalanan bisnis mereka, daripada berbagi
langkah-langkah untuk memulai berbisnis. Sehingga, isi dari materinya kurang.
Dan diskusi ini juga tidak menggunakan prosedur diskusi yang seharusnya, banyak
prosedur yang tidak digunakan.
Rekomendasi:
Nara sumber dalam diskusi harus menyampaikan
berbagai cara untuk menyelesaikan permasalahan diskusi, bukan hanya
menyampaikan perjalanannya. Serta diskusi pun harus menggunakan prosedur yang
seharusnya, agar diskusi lebih baik lagi.
Evaluator, Evaluator,
Rani Agustian Siti Masitoh
NIM. 1134020101 NIM. 1134020129