Analisis Diskusi  
Build Your Creative Business with
Digital
Diajukan untuk memenuhi tugas
ujian tengah semester mata kuliah Kaifiyat Mujadalah dengan dosen pengampu Dr.
Aep Kusnawan, M.Ag
oleh
:
Rani Agustian                                      1134020101
Siti
Masitoh                                         1134020129
KOMUNIKASI
DAN PENYIARAN ISLAM
FAKULTAS
DAKWAH DAN KOMUNIKASI
UNIVERSITAS
ISLAM NEGERI SUNAN GUNUNG DJATI
BANDUNG
2016
LAPORAN
LEMBAR EVALUASI PRAKTIK MUJADALAH
DALAM DISKUSI
Dosen:
Dr.
Aep Kusnawan, M.Ag
Penyelengara Diskusi                : Pro-IT Bandung & KEMAKOM
UPI
Lokasi Diskusi                              : Gedung Kebudayaan UPI
| 
Jenis Diskusi 
Topik Diskusi | 
: Seminar dan Talkshow 
: Build Your Creative Business with Digital | 
| 
Nara Sumber Diskusi | 
: Imam Arif Wibawa (CEO Digital Oasis) | 
| 
Pimpinan/Moderator  
Nara Sumber Diskusi | 
: Abdillah Adi Wijaya (Mahasiswa Manajemen 2014 UPI
  Bandung) 
:Hari Firdaus (Marketing Director Radyalabs Product
  Manager Appstorize),  Muhammad Yusup
  (Senior Devisi Radyalabs Technical Lead Appstorize), dan Bayu Syerle Rachmat
  (Hyber Marketing in Buka Lapak) | 
| 
Peserta Diskusi | 
: 199 Orang | 
| 
Hari/ Tanggal | 
: Sabtu, 02 April 2016 | 
| 
Waktu | 
: Pukul 08.00 s.d. 14.00 WIB | 
| 
Tempat | 
: Jl. Dr. Setiabudi No. 229, Jawa Barat | 
| 
Jumlah peserta  | 
: 199 Orang (Daftar hadir
  terlampir) 
Pemberi Evaluasi:  
Nama           : Rani Agustian 
NIM              : 1134020101 
Nama           : Siti Masitoh 
NIM              : 1134020129 
Jur/ Kelas    :  KPI/VI C 
JURUSAN KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM 
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI 
SUNAN GUNUNG DJATI 
BANDUNG 
2016 | 
PENILAIAN
1.  Penilaian
dilakukan dengan cara pengumpulan data, bisa melalui wawancara, pengamatan
langsung atau melalui dokumentasi.
2.   Penilaian dilakukan dengan memberikan nilai: 1 (sangat kurang); 2
(Kurang); 3 (Cukup); 4 (Baik); 5 (Sangat Baik).
3.    Jumlah Skor adalah Jumlah nilai: Jumlah indicator penilaian. Misalnya
setelah nilai dijumlahkan berjumlah 40, dilihat indicator berjumlah 8, maka
40:8= 5, jadi Jumlah Skor 5.
4.     
Jika hasil bagi tidak bulat, misalnya 3,4 atau 3,6, maka penilaian
batasnya 1,5 atau 2,5 atau 3,5. Jika diatas itu maka dibulatkan ke atas
(misalnya 3,6 jadi =4), jika di bawah itu (misalnya 3,4 dibulatkan ke bawah,
jadi= 3), begitu juga seterusnya.
5.  Setiap bidang penilaian diberi analisa kualitatif, berupa tinjauan pada
keunggulan, kekurangan, serta rekomendasi untuk perbaikan.
6.     
Evaluasi keseluruhan diskusi (Bag III), merupakan rekap dari keseluruhan
jumlah skor pada bagian sebelumnya.
7.  Jumlah Skor pada bagian Evaluasi keseluruhan diskusi (Bag III), merupakan
penilaian komulatif, dan merupakan nilai akhir diskusi tersebut.
8.   Untuk menambah akurasi penilaian, hendaknya dianjurkan untuk menyertakan
foto pada tiap bagian kegiatan.
9.     
Selamat Mengerjakan.
I.   
Persiapan
Diskusi
A.  Persiapan
Penyelenggaraan
| 
No | 
Indikator
  Penilaian | 
Nilai | ||||
| 
1 | 
Ada
  pertemuan perencanaan merupakan jaminan terbaik bagi program diskusi yang
  sukses | 
1 | 
2 | 
3 
√ | 
4 | 
5 | 
| 
2 | 
Membicarakan
  jalan dan cara yang akan dipergunakan untuk melaksanakan dan menyelesaikan
  program sebaik-baiknya | 
1 | 
2 | 
3 
√ | 
4 | 
5 | 
| 
3 | 
Calon
  peserta berkesempatan untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan berkenaan
  perencanaan penyelenggaraan diskusi yang dirasa belum jelas.  | 
1 | 
2 | 
3 
√ | 
4 | 
5 | 
| 
4 | 
Menetapkan
  topik sehingga peserta memiliki pengertian yang sama tentang topik dan
  capaian yang ingin diraih dari diskusi tersebut.  | 
1 | 
2 | 
3 | 
4 
√ | 
5 | 
| 
5 | 
Dibahas
  tuntas masalah perlengkapan dan fasilitas dalam ruangan  diskusi nanti, termasuk tempat dan di mana
  masing-masing duduk, fasilitas apa saja yang tersedia, dan sebagainya.  | 
1 | 
2 | 
3 | 
4 
√ | 
5 | 
| 
6 | 
Diadakan
  publikasi yang cukup untuk penyelenggaraan diskusi tersebut.  | 
1 | 
2 | 
3 
√ | 
4 | 
5 | 
| 
7 | 
Masyarakat
  yang sekiranya, peminat tema dimaksud, cukup mendapatkan informasi.  | 
1 | 
2 | 
3 | 
4 
√ | 
5 | 
| 
8 | 
Perencanaan
  mampu menjamin kesiapan dan kesuksesan jalannya cara diskusi.  | 
1 | 
2 | 
3 | 
4 
√ | 
5 | 
| 
JUMLAH
  SKOR= | 
3.5 | |||||
Analisa Keunggulan: 
Persiapan yang dilakukan oleh
panitia penyelenggara sangat baik, bahkan telah ditentukan tugas-tugas yang
harus dilakukan oleh masing-masing panitia. Sehingga, panitia tahu apa yang
harus dan tidak harus dilakukan.
Analisa Kekurangan:
Sebelum acara dimulai, banyak
panitia yang belum hadir. Sehingga beberapa panitia yang datang terlebih dahulu
kewalahan mempersiapkan acara.
Rekomendasi:
Harus ada kekompakan untuk
panitia dalam melakukan persiapan, serta panitia harus disiplin dan datang
sebelum peserta, agar para peserta tidak bosan dan jenuh menunggu. Serta
persiapan selesai sebelum peserta datang.
B.     Persiapan
Permasalahan
| 
No | 
Indikator
  Penilaian | 
Nilai | ||||
| 
1 | 
Masalah yang didiskusikan memiliki nilai guna dan
  penting bagi peserta | 
1 | 
2 | 
3 | 
4 
√ | 
5 | 
| 
2 | 
Masalah
  diskusi sesuai dengan kemampuan, minat dan tingkat pendidikan peserta diskusi | 
1 | 
2 | 
3 | 
4 
√ | 
5 | 
| 
3 | 
Masalah
  membutuhkan pemecahan  | 
1 | 
2 | 
3 √ | 
4 | 
5 | 
| 
4 | 
Permasalahan
  diskusi dirumuskan secara menarik | 
1 | 
2 | 
3√ | 
4 | 
5 | 
| 
5 | 
Pemecahan
  masalah dimungkinkan diperoleh yang terbaik melalui diskusi | 
1 | 
2 | 
3 
√ | 
4 | 
5 | 
| 
6 | 
Pemecahan
  masalah sesuai dengan jenis diskusi yang dipilih. | 
1 | 
2 | 
3 | 
4 
√ | 
5 | 
| 
JUMLAH
  SKOR | 
3.5 | |||||
Analisa Keunggulan:
Permasalahan yang didiskusikan
sangat menarik, bahkan mungkin sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Dan
permasalahan ini pun jarang diangkat dalam diskusi, sehingga permasalahan ini
bagus untuk didiskusikan.
Analisa Kekurangan:
Permasalahan yang didiskusikan bersifat umum, sehingga peserta tidak tahu permasalahan apa yang
sebenarnya akan didiskusikan.
Rekomendasi:
Permasalahan yang didiskusikan harus dikhususkan
pada beberapa hal, sehingga peserta bisa mempersiapkan pertanyaan yang tidak
dimengerti mengenai permasalahan.
C.     Persiapan
Nara Sumber
| 
No | 
Indikator
  Penilaian | 
Nilai | ||||
| 
1 | 
Undangan
  pada Nara Sumber dilakukan secara tertulis, dan disampaikan cukup waktu untuk
  memberikan kesempatan secukupnya bagi yang bersangkutan untuk mengadakan
  pesiapan-persiapan secukupnya. | 
1 | 
2 | 
3 | 
4 
√ | 
5 | 
| 
2 | 
Undangan
  telah mendapatkan konfirmasi kesiapan dari Nara Sumber yang diundang, ia
  diberikan ucapan terima kasih, secara lisan maupun secara tertulis. untuk
  menimbulkan kesan dan perhatian bagi yang diundang. | 
1 | 
2 | 
3 
√ | 
4 | 
5 | 
| 
3 | 
Nara
  Sumber punya rasa tanggung-jawab terhadap diri sendiri, pada pimpinan diskusi
  dan kepada kelompok bagi suksesnya program diskusi. | 
1 | 
2 | 
3 
√ | 
4 | 
5 | 
| 
4 | 
Memiliki cukup pengalaman dan pendapat
  mengenai masalah yang didikusikan. | 
1 | 
2 | 
3 | 
4 | 
5 
√ | 
| 
5 | 
Memiliki
  cukup banyak bahan-bahan dan keterangan mengenai hal yang didiskusikan | 
1 | 
2 | 
3 | 
4 
√ | 
5 | 
| 
6 | 
Memiliki
  kesiapan unuk mengemukakan pendapat | 
1 | 
2 | 
3 | 
4 | 
5 √ | 
| 
7 | 
Memiliki
  bahan berupa hal yang penting (hand out) untuk ia sampaikan | 
1 | 
2 | 
3 
√ | 
4 | 
5 | 
| 
8 | 
Memiliki kesiapan untuk menyikapi yang berbeda
  pendapat. | 
1 | 
2 | 
3 
√ | 
4 | 
5 | 
| 
9 | 
Siap menyimak pendapat orang lain | 
1 | 
2 | 
3 √ | 
4 | 
5 | 
| 
JUMLAH
  SKOR | 
4 | |||||
Analisa Keunggulan:
Nara sumber yang diundang,
merupakan orang-orang yang ahli dalam bidang media elektronik atau sesuai
dengan permasalahan yang akan didiskusikan. Nara sumber pun memiliki cukup
pengalaman dalam permasalahan yang akan didiskusikan, sehingga mereka tidak
akan segan-segan dalam menyampaikan materinya.
Analisa Kekurangan:
Ada nara sumber yang belum
memberikan konfirmasi sampai H-4, dan pada H-2 menyatakan ketidaksanggupannya,
karena ada tugas penting. Dan ada juga nara sumber dari beberapa perusahaan
tidak bisa hadir, tetapi digantikan oleh yang lain dari perusahan yang sama.
Rekomendasi:
Penitia seharusnya menyiapkan
nara sumber cadangan yang tidak kalah hebat dari nara sumber utama, sehingga
peserta diskusi tidak kecewa saat nara sumber yang diharapkan tidak bisa hadir,
karena ada nara sumber lain yang tidak kalah hebat.
D.     Persiapan
Peserta:
| 
No | 
Indikator
  Penilaian | 
Nilai | ||||
| 
1 | 
Peserta
  yang diundang diskusi sesuai dengan tingkat masalah yang didiskusikan
  (kemampuan, minat dan tingkat pendidikan peserta diskusi) | 
1 | 
2 | 
3 
√ | 
4 | 
5 | 
| 
2 | 
Peserta
  undangan diberi kesan bahwa pertemuan mendatang dan kehadirannya dianggap
  penting | 
1 | 
2 | 
3 | 
4 
√ | 
5 | 
| 
3 | 
Undangan
  dilakukan secara tertulis, dan disampaikan cukup waktu untuk memberikan
  kesempatan secukupnya bagi yang bersangkutan untuk mengadakan
  pesiapan-persiapan secukupnya. | 
1 | 
2 | 
3 | 
4 
√ | 
5 | 
| 
4 | 
Undangan
  tersebut disertakan keterangan yang diperlukan: Waktu, tempat, masalah yang
  akan dibicarakan, jenis diskusinya, sifat reguler tidaknya, lamanya
  pertemuan, fungsi ia sebagai peserta, sifat dan tujuan pengundang, serta
  nama-nama peserta lainnya. | 
1 | 
2 | 
3 | 
4 | 
5 
√ | 
| 
5 | 
konfirmasi
  kesiapan dari peserta yang diundang, peserta bersangkutan diberikan ucapan
  terima kasih, secara lisan maupun secara tertulis. Hal itu akan membawa kesan
  dan perhatian bagi yang diundang. | 
1 | 
2 | 
3 | 
4 
√ | 
5 | 
| 
JUMLAH
  SKOR | 
4 | |||||
Analisa Keunggulan:
Undangan disebar melalui
berbagai media, ada media internet, undangan langsung, banner, dan sebagainya.
Pendaftaran pun bisa melalui online, dan bisa juga on the spot. Sehingga,
peserta yang daftar banyak, bahkan lebih dari 300 peserta melalui online, dan
masih banyak juga yang melalui on the spot.
Analisa Kekurangan:
Undangan kurang update,
sehingga banyak orang yang tidak tahu acara tersebut. Dan banyak peserta yang
tidak datang saat acara berlangsung. Serta ada peserta yang tidak tahu bahwa
tempat diskusi dipindahkan, karena kurangnya konfirmasi dari panitia.
Rekomendasi:
Undangn harus lebih update dan tersebar luas. Sehingga
orang-orang yang ingin mengikuti acara diskusi seperti ini, bisa mendaftar dan
mengikuti diskusi. Karena diskusi seperti ini sangat bermanfaat bagi banyak
orang.
E.  Persiapan
Moderator (Pimpinan Diskusi)
| 
No | 
Indikator
  Penilaian | 
Nilai | ||||
| 
1 | 
Memiliki daya ingat yang relatif kuat.  | 
1 | 
2 | 
3 √ | 
4 | 
5 | 
| 
2 | 
Pandai
  menyusun kesimpulan. | 
1 | 
2 | 
3 | 
4 √ | 
5 | 
| 
3 | 
Pandai
  menghargai waktu. Sehingga tercapainya keefektifan dan keefisienan dalam
  diskusi. | 
1 | 
2 | 
3 
√ | 
4 | 
5 | 
| 
4 | 
Sabar dalam memimpin diskusi dan bijaksana  | 
1 | 
2 | 
3 √ | 
4 | 
5 | 
| 
5 | 
Jujur,
  ramah  adil dan tidak memihak pada
  sebagian peserta diskusi. | 
1 | 
2 | 
3 √ | 
4 | 
5 | 
| 
6 | 
Bila
  ia melihat diskusi mulai berjalan seret, dapat memancing gairah peserta | 
1 | 
2 | 
3 | 
4 
√ | 
5 | 
| 
7 | 
Bila ia sedang memimpin diskusi, ia menjadi
  pembicara yang baik, sekaligus menjadi penyimak yang baik.  | 
1 | 
2 | 
3 
√ | 
4 | 
5 | 
| 
8 | 
Moderator berpikir terbuka dan berprasangka
  baik terhadap semua peserta. | 
1 | 
2 | 
3 
√ | 
4 | 
5 | 
| 
9 | 
Ketika ia memimpin
  diskusi, ia dapat menjaga keinginannya untuk tidak banyak memberi komentar
  terhadap apa yang disampaikan pembicara. | 
1 | 
2 | 
3 | 
4 
√ | 
5 | 
| 
10 | 
Pemimpin
  diskusi  dapat memperlihatkan perilaku
  sebagai pemimpin yang baik, 
  bersahabat, menciptakan suasana diskusi yang hangat, penuh dengan
  suasana kebersamaan | 
1 | 
2 | 
3 | 
4 
√ | 
5 | 
| 
11 | 
Pemimpin diskusi memiliki kepekaan terhadap
  setiap aksi dan reaksi peserta diskusi tanpa bersikap angkuh dan sok tahu.
  Akan tetapi ia cepat tanggap mengendalikan suasana, baik ketika situasi
  bergejolak, lesu, maupun menemukan jalan buntu. Hal itu dilakukannya dengan
  penuh kearifan dan kebijaksanaan. | 
1 | 
2 | 
3 
√ | 
4 | 
5 | 
| 
12 | 
Pemimpin diskusi Berjiwa demokratis, yaitu
  dengan menghargai pendapat setiap peserta diskusi. | 
1 | 
2 | 
3 
√ | 
4 | 
5 | 
| 
13 | 
Pemimpin diskusi mengerti tentang hakikat
  diskusi, yang tercermin pada usahanya yang senantiasa menguraikan pokok
  bahasan yang rumit menjadi bagian-bagian yang terinci dan sederhana | 
1 | 
2 | 
3 | 
4 
√ | 
5 | 
| 
14 | 
Pemimpin diskusi Teliti dalam membedakan mana
  yang tidak penting dan yang penting; dapat membedakan mana persoalan yang
  sudah disepakati dengan mana yang belum disepakati. | 
1 | 
2 | 
3 
√ | 
4 | 
5 | 
| 
JUMLAH
  SKOR | 
3 | |||||
Analisa Keunggulan:
Orang yang menjadi moderator
disiapkan dengan baik. Dia sudah terbiasa menjadi moderator dan berbicara di
hadapan umum, sehingga ketika memimpin diskusi, dia bisa memimpin dengan
baik  agar proses diskusi berjalan
lancar.
Analisa Kekurangan:
Tidak bisa mengendalikan peserta yang asyik sendiri.
Rekomendasi:
Moderator selain sebagai pemimpin acara, tetapi juga
harus bisa mengendalikan peserta yang tidak memperhatikan jalannya diskusi,
untuk tetap fokus pada diskusi.
F.   Persiapan
Notulis
| 
No | 
Indikator
  Penilaian | 
Nilai | ||||
| 
1 | 
Memiliki kemampuan menulis baik dan cepat | 
1 | 
2 | 
3 | 
4 | 
5 | 
| 
2 | 
Memiliki kepekaan dalam memahami pernyataan
  dan pertanyaan peserta, serta mampu mengambil inti dari pernyataan dan
  pertanyaan tersebut. | 
1 | 
2 | 
3 | 
4 | 
5 | 
| 
3 | 
Menguasai
  masalah yang didiskusikan | 
1 | 
2 | 
3 | 
4 | 
5 | 
| 
4 | 
Teliti dalam membedakan mana yang tidak
  penting dan yang penting; dapat membedakan mana persoalan yang sudah
  disepakati dengan mana yang belum disepakati. | 
1 | 
2 | 
3 | 
4 | 
5 | 
| 
JUMLAH
  SKOR | 
0 | |||||
Analisa Keunggulan:
Analisa Kekurangan: 
Kekurangan dari acara ini adalah tidak adanya
notulis yang mencatat proses berlangsungnya diskusi/seminar. Sehingga,
moderator sendirilah yang mencatat kesimpulan diskusi/seminar serta
pertanyaan-pertanyaan dari peserta.
Rekomendasi:
Harus ada notulis dalam setiap acara seminar maupun
diskusi, untuk mencatat proses berlangsungnya diskusi atau seminar serta
hal-hal yang berhubungan dengan acara tersebut.
G.    Persiapan
Fasilitas Diskusi
| 
No | 
Indikator
  Penilaian | 
Nilai | ||||
| 
1 | 
Diskusi
  dilengkapi fasilitas yang dibutuhkan  | 
1 | 
2 | 
3 √ | 
4 | 
5 | 
| 
2 | 
Ruangan memadai | 
1 | 
2 | 
3 | 
4 √ | 
5 | 
| 
3 | 
Meja dan kursi memadai | 
1 | 
2 | 
3 √ | 
4 | 
5 | 
| 
5 | 
Media audio memadai | 
1 | 
2 | 
3 | 
4 √ | 
5 | 
| 
6 | 
Media visual memadai | 
1 | 
2 | 
3 | 
4 √ | 
5 | 
| 
7 | 
ATK memadai | 
1 | 
2 | 
3 √ | 
4 | 
5 | 
| 
8 | 
Tidak terjadi gangguan fasilitas | 
1 | 
2  | 
3 √ | 
4 | 
5 | 
| 
JUMLAH
  SKOR | 
3 | |||||
Analisa Keunggulan:
Fasilitas dibutuhkan dalam
diskusi sudah lengkap, sehingga proses diskusi bisa berjalan baik dan lancar
sesuai dengan yang diharapkan.
Analisa Kekurangan:
Panitia kurang hati-hati dalam
menuliskan nama peserta, sehingga ada beberapa nama peserta yang salah tulis,
baik diabsen maupun di sertifikat. Serta ada pemindahan gedung tempat diskusi
dilaksanakan.
Rekomendasi:
Panitia harus lebih teliti dan hati-hati dalam menuliskan
nama peserta. Serta panitia harus menyiapkan fasilitas lebih awal, sebelum peserta
datang. Jika ada pemindahan tempat diskusi, maka konfirmasi kepada peserta
beberapa hari sebelumnya.
II.  
Pelaksanaan
A.  Pelaksanaan
Moderator (Pimpinan diskusi)
| 
No | 
Indikator
  Penilaian | 
Nilai | ||||
| 
1 | 
Membuka diskusi dengan suatu pengantar | 
1 | 
2 | 
3 | 
4 | 
5 √ | 
| 
2 | 
Menjelaskan topik diskusi  | 
1 | 
2 | 
3 | 
4 | 
5 √ | 
| 
3 | 
Menyuguhkan permasalahan yang hendak
  didiskusikan | 
1 | 
2 | 
3 
√ | 
4 | 
5 | 
| 
4 | 
Menjelaskan tujuan yang hendak dicapai | 
1 | 
2 | 
3 √ | 
4 | 
5 | 
| 
5 | 
Menjelaskan tata tertib diskusi | 
1 | 
2 √ | 
3 | 
4 | 
5 | 
| 
6 | 
Memberikan stimulus atau dorongan kepada
  peserta diskusi yang dapat menumbuhkan semangat dan gairah peserta diskusi. | 
1 | 
2 | 
3 
√ | 
4 | 
5 | 
| 
7 | 
Diskusi diawali dengan moderator mengarahkan
  peserta untuk mulai berpikir sesuai dengan permasalahan yang hendak
  didiskusikan | 
1 | 
2 | 
3 
√ | 
4 | 
5 | 
| 
8 | 
Mengatur lalu lintas pembicaraan dengan sopan
  tanpa banyak mengomentari. | 
1 | 
2 | 
3 | 
4 
√ | 
5 | 
| 
9 | 
Menampung gagasan-gagasan yang dikemukakan
  oleh peserta diskusi | 
1 | 
2 | 
3 
√ | 
4 | 
5 | 
| 
10 | 
Mengingatkan
  dan mengembalikan peserta bila ada yang mulai ke luar dari masalah pokok yang
  dibahas. | 
1 | 
2 
√ | 
3 | 
4 | 
5 | 
| 
11 | 
Memberikan
  kesempatan kepada peserta untuk mengutarakan pendapat dengan leluasa dan
  merata. | 
1 | 
2 | 
3  
√ | 
4 | 
5 | 
| 
12 | 
Mendorong
  peserta yang kurang berani mengeluarkan pendapat, agar berani menyatakan
  pendapatnya | 
1 | 
2 | 
3 
√ | 
4 | 
5 | 
| 
13 | 
Moderator
  tidak memotong pembicaraan secara langsung | 
1 | 
2 | 
3 
√ | 
4 | 
5 | 
| 
14 | 
Tidak
  menyalahkan gagasan peserta secara langsung | 
1 | 
2 | 
3 
√ | 
4 | 
5 | 
| 
15 | 
Menyimpulkan
  hasil diskusi, dengan rumusan kesatuan pendapat yang diperoleh, serta
  menunjukan perbedaan pendapat yang masih ada. | 
1 | 
2 | 
3 | 
4 | 
5 
√ | 
| 
16 | 
Membacakan
  kembali hasil diskusi | 
1 | 
2 | 
3 | 
4 | 
5 √ | 
| 
17 | 
Menutup
  diskusi | 
1 | 
2 | 
3 | 
4 √ | 
5 | 
| 
JUMLAH
  SKOR | 
3 | |||||
Analisa Keunggulan:
Moderator yang diberikan tugas
untuk memimpin acara diskusi, terlihat begitu terbiasa menjadi pimpinan
diskusi. Sehingga bisa menjalankan tugasnya dengan baik. 
Analisa Kekurangan:
Ketika ada peserta yang tidak
fokus mendengarkan dan memperhatikan pemateri, moderator diam saja. Tidak ada
tindakan apa-apa yang dilakukan oleh moderator, sehingga pemateri dan peserta
asyik masing-masing.
Rekomendasi:
Moderator harus bisa
mengendalikan suasana diskusi, saat ada yang tidak mendengarkan atau tidak
memperhatikan maka moderator harus memberikan perhatian agar peserta fokus
kembali dan mengingatkan bagaimana pentingnya diskusi yang sedang dilaksanakan.
B.  Pelaksanaan
Nara Sumber
| 
No | 
Indikator
  Penilaian | 
Nilai | ||||
| 
1 | 
Berbicara
  mencerminkan pengusaan materi yang baik. 
   | 
1 | 
2 | 
3 | 
4 
√ | 
5 | 
| 
2 | 
Berbicara
  jelas, dengan volume yang tepat, sehingga semua pendengar dapat mendengar
  setiap kata yang diucapkan.   | 
1 | 
2 | 
3 | 
4 
√ | 
5 | 
| 
3 | 
Berbicara
  difokuskan kepada suatu topik tetentu. Pembicaraan tidak melebar. | 
1 | 
2 | 
3 
√ | 
4 | 
5 | 
| 
4 | 
Berbicara
  menggunakan kata-kata yang sederhana dan mudah dipahami oleh para pendengar | 
1 | 
2 | 
3 
√ | 
4 | 
5 | 
| 
5 | 
Pembicaraan
  pada pokok pikiran yang penting, diberi tekanan tertentu | 
1 | 
2 | 
3 | 
4 
√ | 
5 | 
| 
6 | 
Pembicaraan disertai dengan mimik muka yang
  mendukung terhadap  pembicaraan. Jika
  mungkin disertai gerakan tangan yang tepat. | 
1 | 
2 | 
3 
√ | 
4 | 
5 | 
| 
7 | 
Pembicaraan
  disertai dengan wajah dan tatapan yang diarahkan kepada semua anggota
  diskusi, sekali-kali pandangan kepada pemimpin diskusi,  | 
1 | 
2 
√ | 
3 | 
4 | 
5 | 
| 
8 | 
Berbicara
  dengan keadaan tenang, tidak terlalu cepat, dan tidak pula terlalu lambat.
  Pengendalian emosi secara baik dan tepat. | 
1 | 
2 | 
3 
√ | 
4 | 
5 | 
| 
9 | 
Pembicara menggunakan irama bahasa,
  sebagaimana layaknya orang yang sedang bicara sehari-hari.  | 
1 | 
2 | 
3 
√ | 
4 | 
5 | 
| 
10 | 
Jika pembicara
  menolak, mengomentari, atau mengoreksi pembicaraan peserta terdahulu, hal itu
  dilakukan dengan menggunakan pilihan kata-kata yang sopan dan nada yang
  bersahabat. | 
1 | 
2 | 
3 
√ | 
4 | 
5 | 
| 
JUMLAH
  SKOR | 
3 | |||||
Analisa Keunggulan:
Nara sumber yang memberikan materi merupakan
orang-orang yang professional dibidangnya, dan banyak mengetahui tentang permasalahan yang didiskusikan.
Analisa Kekurangan:
Pembahasan materi lebih banyak menjelaskan tentang
perusahaan mereka, dibandingkan materi yang sesuai dengan topik. Penyampaian
materinya pun kurang menarik, sehingga membuat para peserta diskusi merasa bosan, jenuh,
dan bahkan ada yang mengantuk. Nara sumber yang memberikan materi tidak sesuai
dengan nara sumber yang ada di pamplet.
Rekomendasi:
Penyampaian materi oleh nara sumber menggunakan
metode yang menarik, sehingga para peserta tidak merasa bosan dan jenuh.
Seperti banyak berinteraksi dengan peserta.
C.     Pelaksanaan
Peserta 
| 
No | 
Indikator
  Penilaian | 
Nilai | ||||
| 
1 | 
Mempelajari topik dan permasalahan secara
  cermat. | 
1 | 
2 | 
3 
√ | 
4 | 
5 | 
| 
2 | 
mempelajari
  berbagai sumber yang berkaitan dengan permasalahan yang dibahas | 
1 | 
2 
√ | 
3 | 
4 | 
5 | 
| 
3 | 
Mendengarkan dan
  memperhatikan penjelasan-penjelasaan pimpinan diskusi tentang permasalahan
  yang didiskusikan. | 
1 | 
2 | 
3 
√ | 
4 | 
5 | 
| 
4 | 
Mengikuti dengan
  seksama pandangan dari peserta lain, kemudian membandingkannya dengan
  pendapatnya sendiri. | 
1 | 
2 | 
3 
√ | 
4 | 
5 | 
| 
5 | 
Memberikan perhatian terhadap orang yang
  sedang bicara, dengan mengarahkan pandangan terhadapnya.  | 
1 | 
2 | 
3 
√ | 
4 | 
5 | 
| 
6 | 
Berusaha memahami
  gagasan pokok yang disampaikan pembicara, dengan cara meringkas pembicaraan
  dalam kertas. Tidak melamun atau ngantuk. | 
1 | 
2 | 
3 
√ | 
4 | 
5 | 
| 
7 | 
Konsentrasi terhadap
  apa yang disampaikan oleh pembicara. Tidak ngobrol, melamun, atau pecah
  perhatian terhadap yang lain. | 
1 | 
2 
√ | 
3 | 
4 | 
5 | 
| 
8 | 
Tidak
  memotong pembicaraan orang yang sedang bicara. | 
1 | 
2 | 
3 | 
4 
√ | 
5 | 
| 
9 | 
Meminta penjelasan lebih lanjut bila ada
  hal-hal yang belum jelas. | 
1 | 
2 | 
3 
√ | 
4 | 
5 | 
| 
10 | 
Menggunakan sebaik mungkin kesempatan untuk
  menanggapi permasalahan, dengan menyampaikan gagasan atau pendapat maupun
  kritikan secara terbuka, jelas dan singkat. | 
1 | 
2 | 
3 
√ | 
4 | 
5 | 
| 
11 | 
Menyatakan dukungan atau persetujuan terhadap
  suatu pendapat, bila diyakini itu benar dan menyatakan keberatan bila
  diyakini itu tidak benar. Semua itu didasarkan atas i’tikad baik, bukan emosional. | 
1 | 
2 
√ | 
3 | 
4 | 
5 | 
| 
12 | 
Ikut mencegah terjadinya perpecahan atau
  percekcokan, serta ikut berusaha meluruskan jalannya diskusi. | 
1 | 
2 
√ | 
3 | 
4 | 
5 | 
| 
13 | 
Mempertimbangkan dan menyimpulkan hasil
  diskusi. Setelah diskusi berakhir, peserta menyusun dan mencatat hasil
  diskusi kelompok masing-masing atau hasil diskusi pleno yang dipertimbangkan
  sebelumnya. | 
1 | 
2 | 
3 | 
4 
√ | 
5 | 
| 
14 | 
Menghormati
  semua keputusan yang telah diambil secara bersama-sama, kendatipun ada yang
  tidak sejalan dengan pendapat pribadi. | 
1 | 
2 | 
3 
√ | 
4 | 
5 | 
| 
15 | 
Tidak
  ada yang memperlihatkan agresifitas dan reaksioner | 
1 | 
2 | 
3 | 
4 
√ | 
5 | 
| 
16 | 
Tidak ada peserta yang menutup diri. | 
1 | 
2 | 
3 √ | 
4 | 
5 | 
| 
17 | 
Tidak berbicara terlalu banyak dan
  berbelit-belit. | 
1 | 
2 | 
3 
√ | 
4 | 
5 | 
| 
18 | 
Tidak
  ada yang berbisik-bisik dengan kawan sebelah | 
1 | 
2 
√ | 
3 | 
4 | 
5 | 
| 
19 | 
Tidak ada yang duduk dengan gaya tidak sopan. | 
1 | 
2 | 
3 √ | 
4 | 
5 | 
| 
20 | 
Tidak ada yang memperlihatkan sikap acuh tak
  acuh. | 
1 | 
2 | 
3 √ | 
4 | 
5 | 
| 
21 | 
Tidak ada yang mudah tersinggung. | 
1 | 
2 | 
3 √ | 
4 | 
5 | 
| 
22 | 
Tidak ada yang datang terlambat. | 
1 | 
2 | 
3 √ | 
4 | 
5 | 
| 
23 | 
Peserta
  memperlihatkan sikap sopan | 
1 | 
2 | 
3 | 
4 √ | 
5 | 
| 
JUMLAH
  SKOR | 
3 | |||||
Analisa Keunggulan:
Para peserta yang mengikuti diskusi terdiri dari
berbagai kalangan, tidak hanya mahasiswa, banyak juga guru, dosen, pengusaha,
dan lain-lain. Dan juga tidak hanya orang-orang yang tinggal di Bandung yang
mengikuti acara ini banyak juga dari luar Bandung, seperti Subang, Semarang,
Sukabumi, dan lain-lain.
Analisa Kekurangan:
Banyak peserta yang mendaftar tetapi tidak hadir
pada hari H, hanya sedikit peserta yang aktif. Dan banyak peserta yang tidak memperhatikan
materi yang disampaikan oleh nara sumber.
Rekomendasi:
Harus ada tim keamanan yang memantau peserta saat berlangsungnya acara, dan
memberikan peringatan kepada peserta yang tidak memperhatikan pemateri saat
menyampaikan materinya.
D.     Pelaksanaan
Notulis
| 
No | 
Indikator
  Penilaian | 
Nilai | ||||
| 
1 | 
Mengecek persiapan segala kebutuhan diskusi,
  seperti papan tulis, white board, alat tulis, daftar hadir dan
  sebagainya. | 
1 | 
2 | 
3 | 
4 | 
5 | 
| 
2 | 
Mencatat hal-hal pokok yang terjadi dalam
  diskusi, serta mencatat keterangan penting tentang diskusi, seperti topik
  diskusi, tanggal diselenggarakan, waktu, jumlah peserta yang hadir, tanggapan
  saran dan usulan. | 
1 | 
2 | 
3 | 
4 | 
5 | 
| 
3 | 
Mencatat nama yang mengajukan diri untuk
  bicara, serta berbagai pertanyaan-pertanyaan maupun gagasan-gagasan  yang dilontarkannya.  | 
1 | 
2 | 
3 | 
4 | 
5 | 
| 
4 | 
Mencatat permasalahan-permasalahan khusus
  yang muncul dalam proses diskusi. | 
1 | 
2 | 
3 | 
4 | 
5 | 
| 
5 | 
Membantu
  pemimpin diskusi merumuskan  secara
  tertulis kesimpulan diskusi. | 
1 | 
2 | 
3 | 
4 | 
5 | 
| 
JUMLAH
  SKOR | 
0 | |||||
Analisa Keunggulan:
Analisa Kekurangan:
Dalam pelaksanaan tidak ada notulis, sehingga yang
menulis kesimpulan diskusi adalah moderator.
Rekomendasi:
Harus ada notulis dalam setiap acara, agar ada dokumentasi yang cukup ketika akan
diadakan evaluasi.
E.     Fasilitas
Diskusi
| 
No | 
Indikator
  Penilaian | 
Nilai | ||||
| 
1 | 
Diskusi
  dilengkapi fasilitas yang dibutuhkan  | 
1 | 
2 | 
3 | 
4 √ | 
5 | 
| 
2 | 
Ruangan memadai | 
1 | 
2 | 
3 √ | 
4 | 
5 | 
| 
3 | 
Meja dan kursi memadai | 
1 | 
2 | 
3 √ | 
4 | 
5 | 
| 
4 | 
Media audio memadai | 
1 | 
2 | 
3 | 
4 √ | 
5 | 
| 
5 | 
Media visual memadai | 
1 | 
2 √ | 
3 | 
4 | 
5 | 
| 
6 | 
ATK memadai | 
1 | 
2 | 
3 | 
4 √ | 
5 | 
| 
7 | 
Tidak terjadi gangguan fasilitas | 
1 | 
2 | 
3 √ | 
4 | 
5 | 
| 
JUMLAH
  SKOR | 
3 | |||||
Analisa Keunggulan:
Fasilitas diskusi memadai, ruangan nya pun luas
sehingga dapat menampung peserta lebih dari 200 orang. Para peserta pun dibagi
ATK (Alat Tulis Kantor) untuk mencatat materi yang disampaikan.
Analisa Kekurangan:
Proyektor hanya ada satu, dan tampilannya pun kecil,
sehingga peserta yang duduk dibelakang tidak jelas melihatnya. Sertifikat
peserta terdapat kesalahan penulisan pada nama peserta 
Rekomendasi:
Fasilitas dilengkapi terutama fasilitas untuk
penyampaian materi, panitia harus lebih teliti dalam memberikan nama pada
sertifikat peserta.
F.      Suasana
Diskusi
| 
No | 
Indikator
  Penilaian | 
Nilai | ||||
| 
1 | 
Diskusi
  mulai tepat pada waktu yang direncanakan | 
1 | 
2 √ | 
3 | 
4 | 
5 | 
| 
2 | 
Suasana
  diskusi berjalan hangat dan terbuka | 
1 | 
2 | 
3 √ | 
4 | 
5 | 
| 
3 | 
Masing-masing
  dapat dan mau berbicara dengan terbuka dan dapat menerima pendapat orang lain
  dengan terbuka juga. | 
1 | 
2 | 
3  
   √ | 
4 | 
5 | 
| 
4 | 
Semua
  pihak memperhatikan persahabatan dan kekompakan | 
1 | 
2 | 
3  
√ | 
4 | 
5 | 
| 
5 | 
Semua
  pihak merasakan diskusi sebagai kegiatan yang menyenangkan. | 
1 | 
2 | 
3  
√ | 
4 | 
5 | 
| 
6 | 
Semua
  peserta terlibat secara aktif dan produktif | 
1 | 
2 √ | 
3 | 
4 | 
5 | 
| 
7 | 
Semua
  peserta memperlihatkan sikap kerja sama dan semangat berdiskusi | 
1 | 
2  
√ | 
3 | 
4 | 
5 | 
| 
8 | 
Pendapat-pendapat
  yang disampaikan mengarah pada pemecahan masalah | 
1 | 
2 | 
3  
√ | 
4 | 
5 | 
| 
9 | 
Diskusi selesai tepat waktu | 
1 | 
2 | 
3  
√ | 
4 | 
5 | 
| 
10 | 
Kegiatan
  diskusi dapat mencapai hasil yang berkualitas | 
1 | 
2 | 
3  
√ | 
4 | 
5 | 
| 
JUMLAH
  SKOR | 
3 | |||||
Analisa Keunggulan:
Suasana diskusi berjalan dengan lancar sesuai
roundown acara yang telah disusun.
Analisa Kekurangan:
Peserta kurang antusias bahkan banyak yang mengantuk
serta sibuk sendiri, seperti mengobrol dengan teman disampingnya, dan ada juga
yang memainkan HP. Dan tidak ada dari panitia yang mengendalikan suasana
tersebut, dan tidak ada juga yang
mengatur peserta.
Rekomendasi:
Harus ada panitia yang mengendalikan suasana diskusi, dan agar tidak ada peserta yang asyik sendiri.
G.    Prosedur
Diskusi
| 
No | 
Indikator
  Penilaian | 
Nilai | ||||
| 
1 | 
Pemimpin diskusi
  menjelaskan topik atau tema diskusi sejelas-jelasnya, sehingga semua peserta
  memiliki presepsi yang sama atau pengertian yang sama  tentang topik yang dibahas. Disamping itu,
  ia harus pula menjelaskan tujuan topik diskusi dan gambaran tentang hasil
  yang hendak dicapai dengan diskusi tersebut. | 
1 | 
2 | 
3 | 
4 | 
5  
√ | 
| 
2 | 
Setelah
  semua peserta memahami topik permasalahan, maka kegiatan dilanjutkan dengan
  pembahasan di dalam pembahasan dilakukan pemilahan-pemilahan masalah sehingga
  lebih dipertajam dengan mengaitkannya dengan berbagai segi. | 
1 | 
2 | 
3 | 
4  
√ | 
5 | 
| 
3 | 
Berikutnya peserta diminta mengemukakan
  pendapat serta saling bertukar pikiran untuk menemukan butir-butir pemecahan
  masalah. Pendapat yang kelihatannya bersesuaian dipisahkan dengan pendapat
  pendapat yang masih bertentangan. | 
1 | 
2 | 
3  
√ | 
4 | 
5 | 
| 
4 | 
Langkah
  keempat adalah menguji kembali setiap kesepakatan yang telah diambil
  sebelumnya. Dalam hal ini, bila masih terdapat kelemahan pada kesepakatan itu
  dapat diperbaiki atau disempurnakan lagi. | 
1 | 
2  
√ | 
3 | 
4 | 
5 | 
| 
5 | 
Setelah
  melakukan penyempurnaan dan pengujian kembali ditetapkan sebagai kesepakatan
  bersama. | 
1  
√ | 
2 | 
3 | 
4 | 
5 | 
| 
6 | 
Keputusan
  yang telah diambil sebagai kesimpulan diskusi sebaiknya dirumuskan pemimpin
  dan notulis diskusi secara tertulis dengan bahasa yang baik dan benar.
  Kemudian dibicarakan di depan anggota diskusi. Bila konsep tertulis tersebut
  disetujui barulah ditetapkan secara resmi sebagai keputusan diskusi. | 
1 | 
2 | 
3  
√ | 
4 | 
5 | 
| 
JUMLAH
  SKOR | 
3 | |||||
Analisa Keunggulan:
Prosedur diskusi berjalan
sesuai dengan roundown yang telah disusun oleh panitia.
Analisa Kekurangan:
Tidak semua prosedur diskusi
digunakan, sehingga proses diskusi pun sedikit tidak sesuai dengan kaidah
diskusi yang seharusnya.
Rekomendasi:
Gunakan prosedur diskusi yang
seharusnya. Agar proses diskusi berjalan lebih teratur dan hasilnya sesuai
dengan yang diharapkan.
III. Evaluasi Keseluruhan Diskusi
| 
No | 
Indikator
  Penilaian | 
Nilai | ||||
| 
1 | 
Evaluasi Persiapan Diskusi | 
1 | 
2 | 
3 √ | 
4 | 
5 | 
| 
2 | 
Evaluasi penyelenggaraan Diskusi | 
1 | 
2 | 
3 √ | 
4 | 
5 | 
| 
3 | 
Evaluasi Pimpinan/ Moderator Diskusi | 
1 | 
2 | 
3 √ | 
4 | 
5 | 
| 
4 | 
Evaluasi Nara Sumber Diskusi | 
1 | 
2 | 
3 √ | 
4 | 
5 | 
| 
5 | 
Evaluasi Peserta Diskusi | 
1 | 
2 | 
3 √ | 
4 | 
5 | 
| 
6 | 
Evaluasi Notulis Diskusi | 
1 | 
2 | 
3  | 
4 | 
5 | 
| 
7 | 
Evalusai Fasilitas Diskusi | 
1 | 
2 | 
3 √ | 
4 | 
5 | 
| 
8 | 
Evalusai Suasana Diskusi | 
1 | 
2 | 
3 √ | 
4 | 
5 | 
| 
9 | 
Evalusai Prosedur Diskusi | 
1 | 
2 | 
3 √ | 
4 | 
5 | 
| 
JUMLAH
  SKOR | 
3 | |||||
Analisa Keunggulan:
Diskusi ini sangat bermanfaat bagi peserta diskusi
serta panitia, karena dengan adanya diskusi mengenai permasalahan ini, para
peserta bisa mulai belajar menggunakan digital sebagai media untuk
berwirausaha.
Analisa Kekurangan:
Nara sumber yang menyampaikan materi pada diskusi
ini, lebih banyak menyampaikan perjalanan bisnis mereka, daripada berbagi
langkah-langkah untuk memulai berbisnis. Sehingga, isi dari materinya kurang.
Dan diskusi ini juga tidak menggunakan prosedur diskusi yang seharusnya, banyak
prosedur yang tidak digunakan.
Rekomendasi:
Nara sumber dalam diskusi harus menyampaikan
berbagai cara untuk menyelesaikan permasalahan diskusi, bukan hanya
menyampaikan perjalanannya. Serta diskusi pun harus menggunakan prosedur yang
seharusnya, agar diskusi lebih baik lagi.
Evaluator,                                                                                                                                                          Evaluator,
Rani Agustian                                                                                                                                                    Siti Masitoh
NIM. 1134020101                                                                                                                                             NIM. 1134020129
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar