Selasa, 17 Mei 2016

Analisis Diskusi: Build Your Creative Business with Digital


Analisis Diskusi 
Build Your Creative Business with Digital
Diajukan untuk memenuhi tugas ujian tengah semester mata kuliah Kaifiyat Mujadalah dengan dosen pengampu Dr. Aep Kusnawan, M.Ag


oleh :
Rani Agustian                                      1134020101
Siti Masitoh                                         1134020129


KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM
FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN GUNUNG DJATI
BANDUNG
2016


LAPORAN

LEMBAR EVALUASI PRAKTIK MUJADALAH
DALAM DISKUSI

Dosen:
Dr. Aep Kusnawan, M.Ag

Penyelengara Diskusi               : Pro-IT Bandung & KEMAKOM UPI
Lokasi Diskusi                             : Gedung Kebudayaan UPI
Jenis Diskusi
Topik Diskusi
: Seminar dan Talkshow
: Build Your Creative Business with Digital
Nara Sumber Diskusi
: Imam Arif Wibawa (CEO Digital Oasis)
Pimpinan/Moderator
Nara Sumber Diskusi
: Abdillah Adi Wijaya (Mahasiswa Manajemen 2014 UPI Bandung)
:Hari Firdaus (Marketing Director Radyalabs Product Manager Appstorize),  Muhammad Yusup (Senior Devisi Radyalabs Technical Lead Appstorize), dan Bayu Syerle Rachmat (Hyber Marketing in Buka Lapak)
Peserta Diskusi
: 199 Orang
Hari/ Tanggal
: Sabtu, 02 April 2016
Waktu
: Pukul 08.00 s.d. 14.00 WIB
Tempat
: Jl. Dr. Setiabudi No. 229, Jawa Barat
Jumlah peserta
: 199 Orang (Daftar hadir terlampir)

Pemberi Evaluasi:
Nama           : Rani Agustian
NIM              : 1134020101
Nama           : Siti Masitoh
NIM              : 1134020129
Jur/ Kelas    :  KPI/VI C

JURUSAN KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
SUNAN GUNUNG DJATI
BANDUNG
2016




PENILAIAN
1.  Penilaian dilakukan dengan cara pengumpulan data, bisa melalui wawancara, pengamatan langsung atau melalui dokumentasi.
2.   Penilaian dilakukan dengan memberikan nilai: 1 (sangat kurang); 2 (Kurang); 3 (Cukup); 4 (Baik); 5 (Sangat Baik).
3.    Jumlah Skor adalah Jumlah nilai: Jumlah indicator penilaian. Misalnya setelah nilai dijumlahkan berjumlah 40, dilihat indicator berjumlah 8, maka 40:8= 5, jadi Jumlah Skor 5.
4.      Jika hasil bagi tidak bulat, misalnya 3,4 atau 3,6, maka penilaian batasnya 1,5 atau 2,5 atau 3,5. Jika diatas itu maka dibulatkan ke atas (misalnya 3,6 jadi =4), jika di bawah itu (misalnya 3,4 dibulatkan ke bawah, jadi= 3), begitu juga seterusnya.
5.  Setiap bidang penilaian diberi analisa kualitatif, berupa tinjauan pada keunggulan, kekurangan, serta rekomendasi untuk perbaikan.
6.      Evaluasi keseluruhan diskusi (Bag III), merupakan rekap dari keseluruhan jumlah skor pada bagian sebelumnya.
7.  Jumlah Skor pada bagian Evaluasi keseluruhan diskusi (Bag III), merupakan penilaian komulatif, dan merupakan nilai akhir diskusi tersebut.
8.   Untuk menambah akurasi penilaian, hendaknya dianjurkan untuk menyertakan foto pada tiap bagian kegiatan.
9.      Selamat Mengerjakan.

I.    Persiapan Diskusi
A.  Persiapan Penyelenggaraan

No
Indikator Penilaian
Nilai
1
Ada pertemuan perencanaan merupakan jaminan terbaik bagi program diskusi yang sukses
1
2
3
4
5
2
Membicarakan jalan dan cara yang akan dipergunakan untuk melaksanakan dan menyelesaikan program sebaik-baiknya
1
2
3

4
5
3
Calon peserta berkesempatan untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan berkenaan perencanaan penyelenggaraan diskusi yang dirasa belum jelas.
1
2
3

4
5
4
Menetapkan topik sehingga peserta memiliki pengertian yang sama tentang topik dan capaian yang ingin diraih dari diskusi tersebut.
1
2
3
4

5
5
Dibahas tuntas masalah perlengkapan dan fasilitas dalam ruangan  diskusi nanti, termasuk tempat dan di mana masing-masing duduk, fasilitas apa saja yang tersedia, dan sebagainya.
1
2
3
4


5
6
Diadakan publikasi yang cukup untuk penyelenggaraan diskusi tersebut.
1
2
3
4
5
7
Masyarakat yang sekiranya, peminat tema dimaksud, cukup mendapatkan informasi.
1
2
3
4
5
8
Perencanaan mampu menjamin kesiapan dan kesuksesan jalannya cara diskusi.
1
2
3
4
5

JUMLAH SKOR=
3.5

Analisa Keunggulan:
Persiapan yang dilakukan oleh panitia penyelenggara sangat baik, bahkan telah ditentukan tugas-tugas yang harus dilakukan oleh masing-masing panitia. Sehingga, panitia tahu apa yang harus dan tidak harus dilakukan.

Analisa Kekurangan:
Sebelum acara dimulai, banyak panitia yang belum hadir. Sehingga beberapa panitia yang datang terlebih dahulu kewalahan mempersiapkan acara.

Rekomendasi:
Harus ada kekompakan untuk panitia dalam melakukan persiapan, serta panitia harus disiplin dan datang sebelum peserta, agar para peserta tidak bosan dan jenuh menunggu. Serta persiapan selesai sebelum peserta datang.

B.     Persiapan Permasalahan

No
Indikator Penilaian
Nilai
1
Masalah yang didiskusikan memiliki nilai guna dan penting bagi peserta
1
2
3
4
5
2
Masalah diskusi sesuai dengan kemampuan, minat dan tingkat pendidikan peserta diskusi
1
2
3
4
5
3
Masalah membutuhkan pemecahan
1
2
3
4
5
4
Permasalahan diskusi dirumuskan secara menarik
1
2
3
4
5
5
Pemecahan masalah dimungkinkan diperoleh yang terbaik melalui diskusi
1
2
3
4
5
6
Pemecahan masalah sesuai dengan jenis diskusi yang dipilih.
1
2
3
4
5

JUMLAH SKOR
3.5

Analisa Keunggulan:
Permasalahan yang didiskusikan sangat menarik, bahkan mungkin sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Dan permasalahan ini pun jarang diangkat dalam diskusi, sehingga permasalahan ini bagus untuk didiskusikan.

Analisa Kekurangan:
Permasalahan yang didiskusikan bersifat umum, sehingga peserta tidak tahu permasalahan apa yang sebenarnya akan didiskusikan.

Rekomendasi:
Permasalahan yang didiskusikan harus dikhususkan pada beberapa hal, sehingga peserta bisa mempersiapkan pertanyaan yang tidak dimengerti mengenai permasalahan.

C.     Persiapan Nara Sumber

No
Indikator Penilaian
Nilai
1
Undangan pada Nara Sumber dilakukan secara tertulis, dan disampaikan cukup waktu untuk memberikan kesempatan secukupnya bagi yang bersangkutan untuk mengadakan pesiapan-persiapan secukupnya.
1
2
3
4

5
2
Undangan telah mendapatkan konfirmasi kesiapan dari Nara Sumber yang diundang, ia diberikan ucapan terima kasih, secara lisan maupun secara tertulis. untuk menimbulkan kesan dan perhatian bagi yang diundang.
1
2


3

4
5
3
Nara Sumber punya rasa tanggung-jawab terhadap diri sendiri, pada pimpinan diskusi dan kepada kelompok bagi suksesnya program diskusi.
1
2
3

4
5
4
Memiliki cukup pengalaman dan pendapat mengenai masalah yang didikusikan.
1
2
3
4
5
5
Memiliki cukup banyak bahan-bahan dan keterangan mengenai hal yang didiskusikan
1
2
3
4
5
6
Memiliki kesiapan unuk mengemukakan pendapat
1
2
3
4
5
7
Memiliki bahan berupa hal yang penting (hand out) untuk ia sampaikan
1
2
3
4
5
8
Memiliki kesiapan untuk menyikapi yang berbeda pendapat.
1
2
3
4
5
9
Siap menyimak pendapat orang lain
1
2
3
4
5

JUMLAH SKOR
4

Analisa Keunggulan:
Nara sumber yang diundang, merupakan orang-orang yang ahli dalam bidang media elektronik atau sesuai dengan permasalahan yang akan didiskusikan. Nara sumber pun memiliki cukup pengalaman dalam permasalahan yang akan didiskusikan, sehingga mereka tidak akan segan-segan dalam menyampaikan materinya.

Analisa Kekurangan:
Ada nara sumber yang belum memberikan konfirmasi sampai H-4, dan pada H-2 menyatakan ketidaksanggupannya, karena ada tugas penting. Dan ada juga nara sumber dari beberapa perusahaan tidak bisa hadir, tetapi digantikan oleh yang lain dari perusahan yang sama.

Rekomendasi:
Penitia seharusnya menyiapkan nara sumber cadangan yang tidak kalah hebat dari nara sumber utama, sehingga peserta diskusi tidak kecewa saat nara sumber yang diharapkan tidak bisa hadir, karena ada nara sumber lain yang tidak kalah hebat.

D.     Persiapan Peserta:

No
Indikator Penilaian
Nilai
1
Peserta yang diundang diskusi sesuai dengan tingkat masalah yang didiskusikan (kemampuan, minat dan tingkat pendidikan peserta diskusi)
1
2
3

4
5
2
Peserta undangan diberi kesan bahwa pertemuan mendatang dan kehadirannya dianggap penting
1
2
3
4
5
3
Undangan dilakukan secara tertulis, dan disampaikan cukup waktu untuk memberikan kesempatan secukupnya bagi yang bersangkutan untuk mengadakan pesiapan-persiapan secukupnya.
1
2
3
4

5
4
Undangan tersebut disertakan keterangan yang diperlukan: Waktu, tempat, masalah yang akan dibicarakan, jenis diskusinya, sifat reguler tidaknya, lamanya pertemuan, fungsi ia sebagai peserta, sifat dan tujuan pengundang, serta nama-nama peserta lainnya.
1
2
3
4
5

5
konfirmasi kesiapan dari peserta yang diundang, peserta bersangkutan diberikan ucapan terima kasih, secara lisan maupun secara tertulis. Hal itu akan membawa kesan dan perhatian bagi yang diundang.
1
2
3
4

5

JUMLAH SKOR
4

Analisa Keunggulan:
Undangan disebar melalui berbagai media, ada media internet, undangan langsung, banner, dan sebagainya. Pendaftaran pun bisa melalui online, dan bisa juga on the spot. Sehingga, peserta yang daftar banyak, bahkan lebih dari 300 peserta melalui online, dan masih banyak juga yang melalui on the spot.



Analisa Kekurangan:
Undangan kurang update, sehingga banyak orang yang tidak tahu acara tersebut. Dan banyak peserta yang tidak datang saat acara berlangsung. Serta ada peserta yang tidak tahu bahwa tempat diskusi dipindahkan, karena kurangnya konfirmasi dari panitia.

Rekomendasi:
Undangn harus lebih update dan tersebar luas. Sehingga orang-orang yang ingin mengikuti acara diskusi seperti ini, bisa mendaftar dan mengikuti diskusi. Karena diskusi seperti ini sangat bermanfaat bagi banyak orang.

E.  Persiapan Moderator (Pimpinan Diskusi)

No
Indikator Penilaian
Nilai
1
Memiliki daya ingat yang relatif kuat.
1
2
3
4
5
2
Pandai menyusun kesimpulan.
1
2
3
4
5
3
Pandai menghargai waktu. Sehingga tercapainya keefektifan dan keefisienan dalam diskusi.
1
2
3
4
5
4
Sabar dalam memimpin diskusi dan bijaksana
1
2
3
4
5
5
Jujur, ramah  adil dan tidak memihak pada sebagian peserta diskusi.
1
2
3
4
5
6
Bila ia melihat diskusi mulai berjalan seret, dapat memancing gairah peserta
1
2
3
4
5
7
Bila ia sedang memimpin diskusi, ia menjadi pembicara yang baik, sekaligus menjadi penyimak yang baik.
1
2
3

4
5
8
Moderator berpikir terbuka dan berprasangka baik terhadap semua peserta.
1
2
3
4
5
9
Ketika ia memimpin diskusi, ia dapat menjaga keinginannya untuk tidak banyak memberi komentar terhadap apa yang disampaikan pembicara.
1
2
3
4

5
10
Pemimpin diskusi  dapat memperlihatkan perilaku sebagai pemimpin yang baik,  bersahabat, menciptakan suasana diskusi yang hangat, penuh dengan suasana kebersamaan
1
2
3
4

5
11
Pemimpin diskusi memiliki kepekaan terhadap setiap aksi dan reaksi peserta diskusi tanpa bersikap angkuh dan sok tahu. Akan tetapi ia cepat tanggap mengendalikan suasana, baik ketika situasi bergejolak, lesu, maupun menemukan jalan buntu. Hal itu dilakukannya dengan penuh kearifan dan kebijaksanaan.
1
2
3

4
5
12
Pemimpin diskusi Berjiwa demokratis, yaitu dengan menghargai pendapat setiap peserta diskusi.
1
2
3

4
5
13
Pemimpin diskusi mengerti tentang hakikat diskusi, yang tercermin pada usahanya yang senantiasa menguraikan pokok bahasan yang rumit menjadi bagian-bagian yang terinci dan sederhana
1
2
3
4

5
14
Pemimpin diskusi Teliti dalam membedakan mana yang tidak penting dan yang penting; dapat membedakan mana persoalan yang sudah disepakati dengan mana yang belum disepakati.
1
2
3

4
5

JUMLAH SKOR
3


Analisa Keunggulan:
Orang yang menjadi moderator disiapkan dengan baik. Dia sudah terbiasa menjadi moderator dan berbicara di hadapan umum, sehingga ketika memimpin diskusi, dia bisa memimpin dengan baik  agar proses diskusi berjalan lancar.

Analisa Kekurangan:
Tidak bisa mengendalikan peserta yang asyik sendiri.

Rekomendasi:
Moderator selain sebagai pemimpin acara, tetapi juga harus bisa mengendalikan peserta yang tidak memperhatikan jalannya diskusi, untuk tetap fokus pada diskusi.

F.   Persiapan Notulis

No
Indikator Penilaian
Nilai
1
Memiliki kemampuan menulis baik dan cepat
1
2
3
4
5
2
Memiliki kepekaan dalam memahami pernyataan dan pertanyaan peserta, serta mampu mengambil inti dari pernyataan dan pertanyaan tersebut.
1
2
3
4
5
3
Menguasai masalah yang didiskusikan
1
2
3
4
5
4
Teliti dalam membedakan mana yang tidak penting dan yang penting; dapat membedakan mana persoalan yang sudah disepakati dengan mana yang belum disepakati.
1
2
3
4
5

JUMLAH SKOR
0

Analisa Keunggulan:

Analisa Kekurangan:
Kekurangan dari acara ini adalah tidak adanya notulis yang mencatat proses berlangsungnya diskusi/seminar. Sehingga, moderator sendirilah yang mencatat kesimpulan diskusi/seminar serta pertanyaan-pertanyaan dari peserta.

Rekomendasi:
Harus ada notulis dalam setiap acara seminar maupun diskusi, untuk mencatat proses berlangsungnya diskusi atau seminar serta hal-hal yang berhubungan dengan acara tersebut.

G.    Persiapan Fasilitas Diskusi
No
Indikator Penilaian
Nilai
1
Diskusi dilengkapi fasilitas yang dibutuhkan
1
2
3
4
5
2
Ruangan memadai
1
2
3
4
5
3
Meja dan kursi memadai
1
2
3
4
5
5
Media audio memadai
1
2
3
4
5
6
Media visual memadai
1
2
3
4
5
7
ATK memadai
1
2
3
4
5
8
Tidak terjadi gangguan fasilitas
1
2
3
4
5

JUMLAH SKOR
3

Analisa Keunggulan:
Fasilitas dibutuhkan dalam diskusi sudah lengkap, sehingga proses diskusi bisa berjalan baik dan lancar sesuai dengan yang diharapkan.

Analisa Kekurangan:
Panitia kurang hati-hati dalam menuliskan nama peserta, sehingga ada beberapa nama peserta yang salah tulis, baik diabsen maupun di sertifikat. Serta ada pemindahan gedung tempat diskusi dilaksanakan.

Rekomendasi:
Panitia harus lebih teliti dan hati-hati dalam menuliskan nama peserta. Serta panitia harus menyiapkan fasilitas lebih awal, sebelum peserta datang. Jika ada pemindahan tempat diskusi, maka konfirmasi kepada peserta beberapa hari sebelumnya.


II.   Pelaksanaan

A.  Pelaksanaan Moderator (Pimpinan diskusi)
No
Indikator Penilaian
Nilai
1
Membuka diskusi dengan suatu pengantar
1
2
3
4
5
2
Menjelaskan topik diskusi
1
2
3
4
5
3
Menyuguhkan permasalahan yang hendak didiskusikan
1
2
3
4
5
4
Menjelaskan tujuan yang hendak dicapai
1
2
3
4
5
5
Menjelaskan tata tertib diskusi
1
2
3
4
5
6
Memberikan stimulus atau dorongan kepada peserta diskusi yang dapat menumbuhkan semangat dan gairah peserta diskusi.
1
2
3

4
5
7
Diskusi diawali dengan moderator mengarahkan peserta untuk mulai berpikir sesuai dengan permasalahan yang hendak didiskusikan
1
2
3

4
5
8
Mengatur lalu lintas pembicaraan dengan sopan tanpa banyak mengomentari.
1
2
3
4
5
9
Menampung gagasan-gagasan yang dikemukakan oleh peserta diskusi
1
2
3
4
5
10
Mengingatkan dan mengembalikan peserta bila ada yang mulai ke luar dari masalah pokok yang dibahas.
1
2

3
4
5
11
Memberikan kesempatan kepada peserta untuk mengutarakan pendapat dengan leluasa dan merata.
1
2
3
4
5
12
Mendorong peserta yang kurang berani mengeluarkan pendapat, agar berani menyatakan pendapatnya
1
2
3

4
5
13
Moderator tidak memotong pembicaraan secara langsung
1
2
3
4
5
14
Tidak menyalahkan gagasan peserta secara langsung
1
2
3
4
5
15
Menyimpulkan hasil diskusi, dengan rumusan kesatuan pendapat yang diperoleh, serta menunjukan perbedaan pendapat yang masih ada.
1
2
3
4
5

16
Membacakan kembali hasil diskusi
1
2
3
4
5
17
Menutup diskusi
1
2
3
4
5

JUMLAH SKOR
3

Analisa Keunggulan:
Moderator yang diberikan tugas untuk memimpin acara diskusi, terlihat begitu terbiasa menjadi pimpinan diskusi. Sehingga bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

Analisa Kekurangan:
Ketika ada peserta yang tidak fokus mendengarkan dan memperhatikan pemateri, moderator diam saja. Tidak ada tindakan apa-apa yang dilakukan oleh moderator, sehingga pemateri dan peserta asyik masing-masing.

Rekomendasi:
Moderator harus bisa mengendalikan suasana diskusi, saat ada yang tidak mendengarkan atau tidak memperhatikan maka moderator harus memberikan perhatian agar peserta fokus kembali dan mengingatkan bagaimana pentingnya diskusi yang sedang dilaksanakan.

B.  Pelaksanaan Nara Sumber
No
Indikator Penilaian
Nilai
1
Berbicara mencerminkan pengusaan materi yang baik. 
1
2
3
4
5
2
Berbicara jelas, dengan volume yang tepat, sehingga semua pendengar dapat mendengar setiap kata yang diucapkan. 
1
2
3
4

5
3
Berbicara difokuskan kepada suatu topik tetentu. Pembicaraan tidak melebar.
1
2
3
4
5
4
Berbicara menggunakan kata-kata yang sederhana dan mudah dipahami oleh para pendengar
1
2
3
4

5
5
Pembicaraan pada pokok pikiran yang penting, diberi tekanan tertentu
1
2
3
4
5
6
Pembicaraan disertai dengan mimik muka yang mendukung terhadap  pembicaraan. Jika mungkin disertai gerakan tangan yang tepat.
1
2
3

4
5
7
Pembicaraan disertai dengan wajah dan tatapan yang diarahkan kepada semua anggota diskusi, sekali-kali pandangan kepada pemimpin diskusi,
1
2

3
4
5
8
Berbicara dengan keadaan tenang, tidak terlalu cepat, dan tidak pula terlalu lambat. Pengendalian emosi secara baik dan tepat.
1
2
3

4
5
9
Pembicara menggunakan irama bahasa, sebagaimana layaknya orang yang sedang bicara sehari-hari.
1
2
3

4
5
10
Jika pembicara menolak, mengomentari, atau mengoreksi pembicaraan peserta terdahulu, hal itu dilakukan dengan menggunakan pilihan kata-kata yang sopan dan nada yang bersahabat.
1
2
3

4
5

JUMLAH SKOR
3
Analisa Keunggulan:
Nara sumber yang memberikan materi merupakan orang-orang yang professional dibidangnya, dan banyak mengetahui tentang permasalahan yang didiskusikan.

Analisa Kekurangan:
Pembahasan materi lebih banyak menjelaskan tentang perusahaan mereka, dibandingkan materi yang sesuai dengan topik. Penyampaian materinya pun kurang menarik, sehingga membuat para peserta diskusi merasa bosan, jenuh, dan bahkan ada yang mengantuk. Nara sumber yang memberikan materi tidak sesuai dengan nara sumber yang ada di pamplet.

Rekomendasi:
Penyampaian materi oleh nara sumber menggunakan metode yang menarik, sehingga para peserta tidak merasa bosan dan jenuh. Seperti banyak berinteraksi dengan peserta.

C.     Pelaksanaan Peserta
No
Indikator Penilaian
Nilai
1
Mempelajari topik dan permasalahan secara cermat.
1
2
3
4
5
2
mempelajari berbagai sumber yang berkaitan dengan permasalahan yang dibahas
1
2
3
4
5
3
Mendengarkan dan memperhatikan penjelasan-penjelasaan pimpinan diskusi tentang permasalahan yang didiskusikan.
1
2
3

4
5
4
Mengikuti dengan seksama pandangan dari peserta lain, kemudian membandingkannya dengan pendapatnya sendiri.
1
2
3

4
5
5
Memberikan perhatian terhadap orang yang sedang bicara, dengan mengarahkan pandangan terhadapnya.
1
2
3

4
5
6
Berusaha memahami gagasan pokok yang disampaikan pembicara, dengan cara meringkas pembicaraan dalam kertas. Tidak melamun atau ngantuk.
1
2
3

4


5
7
Konsentrasi terhadap apa yang disampaikan oleh pembicara. Tidak ngobrol, melamun, atau pecah perhatian terhadap yang lain.
1
2

3
4
5
8
Tidak memotong pembicaraan orang yang sedang bicara.
1
2
3
4
5
9
Meminta penjelasan lebih lanjut bila ada hal-hal yang belum jelas.
1
2
3
4
5
10
Menggunakan sebaik mungkin kesempatan untuk menanggapi permasalahan, dengan menyampaikan gagasan atau pendapat maupun kritikan secara terbuka, jelas dan singkat.
1
2
3

4
5
11
Menyatakan dukungan atau persetujuan terhadap suatu pendapat, bila diyakini itu benar dan menyatakan keberatan bila diyakini itu tidak benar. Semua itu didasarkan atas i’tikad baik, bukan emosional.
1


2

3
4
5
12
Ikut mencegah terjadinya perpecahan atau percekcokan, serta ikut berusaha meluruskan jalannya diskusi.
1
2

3
4
5
13
Mempertimbangkan dan menyimpulkan hasil diskusi. Setelah diskusi berakhir, peserta menyusun dan mencatat hasil diskusi kelompok masing-masing atau hasil diskusi pleno yang dipertimbangkan sebelumnya.
1
2
3
4

5
14
Menghormati semua keputusan yang telah diambil secara bersama-sama, kendatipun ada yang tidak sejalan dengan pendapat pribadi.
1
2
3

4
5
15
Tidak ada yang memperlihatkan agresifitas dan reaksioner
1
2
3
4
5
16
Tidak ada peserta yang menutup diri.
1
2
3
4
5
17
Tidak berbicara terlalu banyak dan berbelit-belit.
1
2
3
4
5
18
Tidak ada yang berbisik-bisik dengan kawan sebelah
1
2
3
4
5
19
Tidak ada yang duduk dengan gaya tidak sopan.
1
2
3
4
5
20
Tidak ada yang memperlihatkan sikap acuh tak acuh.
1
2
3
4
5
21
Tidak ada yang mudah tersinggung.
1
2
3
4
5
22
Tidak ada yang datang terlambat.
1
2