Rabu, 27 April 2016

Kedisiplinan

     Tidak terasa waktu cepat berlalu, dan ini merupakan minggu terakhir di bulan April. Bagi yang bekerja, mungkin minggu ini adalah minggu-minggu yang ditunggu, karena akan menerima gaji. Tapi bagi anak rantau, seperti anak kuliah yang nge-kost atau di asrama, minggu ini adalah minggu gawat darurat, karena tanggal tua dan waktunya bekal habis.

     Tapi, berbicara tentang dunia kerja, sekolah, kuliah, bahkan dalam keluarga sekali pun, tidak terlepas dengan yang namanya kedisiplinan. Lalu, apa arti disiplin itu?

     Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), disiplin diartikan sebagai ketaatan (kepatuhan) kepada peraturan (tata tertib, dsb). Sedangkan dalam Wikipedia Indonesia, disiplin merupakan perasaan taat dan patuh terhadap nilai-nilai yang dipercaya termasuk melakukan pekerjaan tertentu yang menjadi tanggung jawabnya.

     Selain itu, para ahli memberikan pengerian disiplin dalam beberapa segi, di antaranya:
  1. Menurut James Drever dari sisi psikologis, disiplin adalah kemampuan mengendalikan perilaku yang berasal dari dalam diri seseorang sesuai dengan hal-hal yang telah di atur dari luar atau norma yang sudah ada. Dengan kata lain, disiplin dari segi psikologis merupakan perilaku seseorang yang muncul dan mampu menyesuaikan diri dengan aturan yang telah ditetapkan.
  2. Menurut Pratt Fairshild dari sisi sosiologi, disiplin terdiri dari dua bagian, yaitu disiplin dari dalam diri dan juga disiplin sosial. Keduanya saling berhubungan satu sama lain, sehingga seseorang yang mempunyai sikap disiplin merupakan orang-orang yang dapat mengarahkan perilaku dan perbuatannya berdasarkan patokan atau batasan tingkah laku tertentu yang diterima dalam kelompok atau lingkup sosial masing-masing. Pengaturan tingkah laku tersebut bisa diperoleh melalui jalur pendidikan dan pembelajaran.
  3. Menurut John Macquarrie dari segi etika, disiplin adalah suatu kemauan dan perbuatan seseorang dalam mematuhi seluruh peraturan yang telah terangkai dengan tujuan tertentu.


     Berdasarkan ketiga pengertian disiplin menurut para ahli di atas, bisa disimpulkan bahwa dari sudut pandang manapun, disiplin merupakan sikap yang wajib ada dalam diri semua individu. Mengapa? Karena disiplin adalah dasar perilaku seseorang yang sangat berpengaruh besar terhadap segala hal, baik urusan pribadi maupun kepentingan bersama. Untuk mempunyai tingkat kedisiplinan yang tinggi dalam mengerjakan sesuatu, dibutuhkan latihan dengan kesadaran dari dalam diri akan pentingnya sikap disiplin sehingga menjadi suatu landasan bukan hanya pada saat berkerja, tetapi juga dalam berperilaku sehari-hari.

     Namun pada kenyataannya, disipin atau kedisiplinan itu hanya sekedar teori yang tidak banyak dilirik orang. Banyak orang yang tahu apa itu disiplin, tapi tidak mau mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

     Begitu banyak fenomena yang terjadi saat ini, yang tidak disiplin itu bukan hanya orang awam. Tetapi saat ini banyak sekali yang tidak disiplin, bahkan sampai pejabat negara pun banyak yang tidak disiplin. Jika para pejabat negara, para guru, para dosen, dan yang lainnya tidak disiplin, apa yang akan terjadi pada bangsa dan negara ini?

     Bagi diri pribadi saja, banyak akibat negatif yang disebabkan karena tidak disipin. Salah satu contohnya dalam dunia kerja, orang yang tidak disiplin akan kehilangan pekerjaannya.

     Semoga kita bisa disiplin dalam segala hal dan dalam kegiatan apapun.

Bandung, 27 April 2016


Tidak ada komentar:

Posting Komentar