Kamis, 24 Maret 2016

Pemeriksaan Motor di UIN Bandung


       Kamis (24/3) sore tadi, satpam kampus yang dikomandoi oleh seorang polisi melakukan pemeriksaan motor di UIN Bandung. Hal ini menyebabkan kekacauan dan macet yang lumayan panjang. Banyak mahasiswa panik, karena takut. Tapi mereka tetap melanjutkan perjalanan keluar kampus, meskipun ada pemeriksaan.

       Menurut salah seorang mahasiswa jurusan Tafsir Hadits, pemeriksaan ini dilakukan mungkin karena kejadian pencurian motor beberapa hari yang lalu di sebuah tempat kost di jalan Manisi, Cibiru Bandung.

      Namun, salah seorang satpam mengatakan bahwa pemeriksaan ini adalah pemeriksaan yang rutin dilaksanakan. Sebab, banyak mahasiswa yang tidak mau menerima karcis saat masuk ke kampus. Padahal, karcis itu merupakan bukti keluar-masuk mereka ke kampus. Dan karcis ini tidak dipungut biaya. Ketika ada yang memberi mereka bersyukur, jika tidak maka mereka ikhlas.

       Selain itu, penyebab dilakukannya pemeriksaan adalah karena kemarin telah terjadi pencurian motor di dalam kampus. Sehingga, pemeriksaan ini diharapkan bisa menemukan pencuri tersebut, serta bisa mencegah terjadi kembali pencurian di dalam kampus.

      Yang pertama diminta pada pemeriksaan ini adalah karcis. Dan yang memiliki karcis, dibiarkan lewat. Namun, jika tidak ada karcis maka diminta untuk memperlihatkan STNK dan mencocokkan nomor polisinya.

       Namun, ternyata masih banyak mahasiswa yang tidak membawa STNK. Pada pukul setengah lima sore, satpam mengatakan bahwa mahasiswa yang tidak membawa STNK yang telah tercatat di pos satpam lebih dari 20 orang. Dengan berbagai alasan, seperti ketinggalan, hilang, dan sebagainya.

       Dilakukannya pemeriksaan ini menimbulkan respon yang berbeda-beda dari para mahasiswa. Ada yang tidak suka bahkan kesal dengan adanya pemeriksaan ini, karena menimbulkan kemacetan serta menghambat jalan. Namun, ada juga yang bersyukur dengan adanya pemeriksaan ini. Bahkan mendo'akan agar pemeriksaan ini dilakukan berkelanjutan dan konsisten.

       Semoga saja, dengan adanya pemeriksaan ini, tidak ada lagi kejadian pencurian di kampus UIN Bandung.

Bandung, 24 Maret 2016

#Ashima

       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar